Ketahui Dulu 3 Hal Ini Bila Ingin Memiliki Anak Kedua

loading...

Untuk anda dan pasangan yang sedang menginginkan untuk program anak kedua dan merasa kesulitan dalam mempertimbangkan apakah akan mempunyai anak kedua jika dibandingkan saat memutuskan untuk mempunyai anak pertama, hal ini dikarenakan hadirnya anak kedua dalam sebuah rumah akan dapat merubah banyak hal, misalnya saja dalam hubungan social, gaya hidup, pekerjaan, keuangan, serta anak pertama.

Jika hati anda berkeinginan untuk memiliki anak kedua dan juga seterusnya itu merupakan hasrat anda, tetapi jika anda dan pasangan tetap membutuhkan program perencanaan yang baik, misalnya menjaga jarak yang ideal dengan anak pertama dan juga anak kedua, supaya anak pertama dapat mempersiapkan diri untuk memiliki adik dan juga persiapan lainnya.

gambar anak

Dibawah ini ada beberapa hal yang perlu anda dan pasangan lakukan untuk dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk memiliki anak kedua, berikut ini ulasannya :

1. Anda menentukan kapan waktu yang tepat untuk memiliki anak kedua?

Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa waktu tunggu yang disarankan untuk hamil lagi berkisar 18-23 bulan setelah melahirkan anak pertama, jika menjaga jarak antara anak pertama dan kedua akan bermanfaat untuk mempersiapkan tubuh sang ibu dan juga calon anak kedua dapat tumbuh dan juga berkembang dengan baik dan juga sehat.

Ini dikarenakan tubuh ibu membutuhkan waktu untuk pulih dari stress saat setelah melahirkan, tak hanya itu tubuh juga perlu mengisi kembali gizi yang telah hilang dikarenakan melahirkan anak pertama dan juga perlu mendapatkan asupan asupan vitamin yang cukup sebelum proses melahiran lagi.

Saat waktu jeda tersebut ibu bisa memanfaatkannya dengan menjaga kesehatan tubuh, selalu menerapakan pola hidup sehat dan makanan yang seimbang, dan juga selau berkonsultasi dengan dokter kandungan anda untuk melakukan program hamil lagi jika dibutuhkan.

Sedangkan untuk jarak antara melahirkan anak pertama dan juga anak kedua kurang dari 17 bulan maka hal ini dapat meningkatkan resiko anak kedua lahir premature, ada sebuah penelitian mengatakan bahwa ibu hamil yang rentang waktu kurang dari satu tahun setelah melahirkan anak pertama akan memiliki kecenderungan bahwa anak kedua terdiagnosis autisme lebih tinggi, akan tetapi jarak yang terlalu panjang juga tidak ideal.

2. Bagaimana anda mempersiapkan untuk kakaknya ?

Untuk menyambut adik biasanya anak pertama mungkin akan mengalami berbagai emosi seperti merasa gembira, cemburu, bahkan membencinya, mungkin dia akan berperilaku tidak seperti biasanya sehingga dapat menguras tenaga ibu, seperti sering rewel, akan susah makan, dan yang lainnya, akan tetapi masalah seperti ini biasanya hanya bersifat sementara dan dapat diselesaikan dengan cara sebagai berikut :

  • Bilang pada kakaknya bahwa ada adik bayi dalam perut ibunya, ajak sang kakak bercengkrama kepada janin, dan melakukan kegiatan bercerita tentang adik bayi.
  • Ajaklah anak pertama anda menemani anda melakukan pemeriksaan kehamilan.
  • Selalu libatkan anak anda dalam kehebohan mempersiapkan anak kedua, serta meminta pendapatnya dalam pemilihan barang-barang.
  • Dekatkan anak pertama anda dengan orang-orang yang akan membantu ibu mengurusnya saat mendekati masa kelahiran.

3. Bagaimana kesiapan ibu sendiri ?

Salah satunya yaitu ibu harus memiliki kesiapan mental untuk kehamilan anak kedua, dan sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter anda. Demikian ulasannya semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Tips Lainnya :

loading...

You Might Also Like

Most popular articles related to Ketahui Dulu 3 Hal Ini Bila Ingin Memiliki Anak Kedua