loading...

Inilah Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda (Wajib Tahu)

loading...

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda – Selamat ya atas kehamilannya, kehamilan adalah sesuatu yang ditunggu-tungu oleh pasangan suami istri. Ketika kehamilan itu tiba, tentu kebahagiaan tak bisa dinilai dengan apapun. Dan juga salah satu kebahagiaan terbesar untuk pasangan baru nikah adalah bisa segera mempunyai keturuan. Untuk seorang istri adalah bahagian dapat merasakan kehamilan dan berharap mempunyai bayi yang sehat dan cerdas.

 kebahagian pasangan suami istri

kebahagian pasangan suami istri

Banyak di usia kehamilan yang masih muda para calon ibu memikirkan apa saja pantangan dan makanan yang bisa di konsumsi. Mereka memikirkan hal ini karena tujuannya untuk bisa menjaga kesehatan dan perkembangan janin.

Seringkali orang disekitar melarang untuk makan makanan yang ini dan itu. Karena usia kehamilan yang yang masih berumur muda (trimester) rentan terhadap gangguan kesehatan. Sebuah penelitian menyatakan jika keguguran mayoritas atau seringkali terjadi pada usia kehamilan muda. Dan juga kebanyakan sebab dari keguguran adalah faktor dari makanan yang dimakan oleh ibu hami muda.

Di tiga bulan pertama (trimester awal), seorang ibu hamil memang sangat berisiko sekali terhadap keguguran. Untuk itu menjaga kesehatan ketika hamil muda sangat penting sekali. Makanan yang sehat untuk ibu hamil sangat perlu diperhatikan, sehingga tidak asal makan.

Makanan ibu hamil muda wajib memiliki banyak nutrisi. Makanan seperti ini bukan untuk ibu hamil saja, tetapi juga bermanfaat untuk perkembangan si janin di dalam kandungan. Janin yang tidak terpenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya tentu lebih rentan terhadap kondisinya ketika lahir. Seperti cacat lahir, kekurangan gizi yang berakibat bayi gizin buruk. Tentu ini tidak ingin dialami setiap orang tua dan utamanaya oleh seorang ibu.

Lalu apa saja makanan sehat untuk ibu hami muda yang bisa dikonsumsi? Makanan yang sehat untuk ibu hami muda tidak harus mengkonsumsinya dengan jumlah banyak, tetapi yang harus menjadi perhatian adalah kualitas dari makanan yang dikonsumsi tersebut. Pola makan yang harus disesuaikan dengan perkembangan usia kehamilan, kebutuhan serta perkembangan janin di kandungan harus menjadi perhatian tersendiri. Hal ini mengingat pada usia awal kehamilan terjadi perubahan hormonal yang bisa meningkatkan sensitivitas pada ibu hamil.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat untuk Anda yang sedang hamil muda untuk dikonsumsi dan apa saja pantangan yang harus diperhatikan.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Makanan yang sehat tentu berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan janin didalam kandungan. Jadi harus memperhatikan secara benar apa saja makanan yang dapat dimakan dan dihindari. Yuk baca apa selengkapnya

Konsumsi Makanan Ber-Asam Folat

Selama masa hamil, sangat disarankan mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan asam folat. Zat asam folat ini dapat mencegah keguguran pada ibu hamil muda, kelahiran prematur dan bayi lahir cacat. Asam folat bisa Anda dapatkan pada jenis makanan seperti kacang polong, kacang merah, brokoli, selada, alpukat, jambu biji, stroberi, kacang kedelai, bayam, buncis, wortel, asparagus, jagung dan sawi. Makanan-makanan tadi bisa didapatkan dengan mudah dan tidak mengeluarkan biaya mahal.

Konsumsi Makanan Zat Besi

Ibu hamil seringkali merasakan lelah ketika hamil muda. Jika Anda juga mengalaminya, silakan cek darah merah Anda. Hal ini untuk mengantisipasi Anda terkena anemia. Anemia pada ibu hami seringkali penyebabnya adalah kekurangan zat besi. Jika kondisi ini sudah terjadi, untuk itu dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang banyak zat besi. Makanan banyak zat besi bisa didapatkan dari daging sapi, daging unggas, kacang-kacangan, biji-bijian, beras merah dan makanan laut.

Konsumsi Makanan Berserat

makanan sehat untuk ibu hamil

makanan sehat untuk ibu hamil

Jenis makanan yang banyak mengandung serat bisa didapatkan dari mengonsumsi biji-bijian. Makanan yang mengandung banyak serat sangat baik untuk mencegah Anda mengalami penyakit wasir dan konstipasi ketika hamil. Untuk mendapatkan sumber serat yang banyak Anda bisa mengonsumsi roti dan sereal dari biji-bijian utuh, atau bisa juga dengan mengonsumsi nasi merah.

Sereal mempunyai mineral, vitamin B, karbohidrat yang diperoleh dari gandum. Kandungan sereal pada gandumg mengandung engergi dan serat yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Konsumsi Makanan Berprotein

Mengkonsumsi protein juga dapat menyehatkan ketika ibu hami muda. Hal ini sebagai diet harian Anda. Anda bisa mengomsumsi 2 -3 porsi makanan yang berprotein tinggi setiap harinya. Makanan berprotein bisa Anda dapatkan dari daging tanpa lemak, telur, daging unggas, dan ikan.

Konsumsi Minuman Berkalsium

Minuman berkalsium sangat baik untuk Anda dan perkembangan tulang pada janin ketika hamil muda. Minuman berkalsium bisa Anda peroleh dari minuman olahan susu seperti susu, keju, yogurt rendah lemak atau tanpa lemak.

Minum Air Kelapa

Jika Anda merasa lelah di masa hamil muda, bisa mengonsumsi air kelapa atau bisa juga dengan air yang ditambah perasan lemon. Minuman seperti ini bisa untuk mengatasi rasa mual atau kelelahan yang sering muncul pada trimester kehamilan.

Jangan Konsumsi Makanan Mentah

Ketika masa kehamilan pada trimester awal (tiga bulan kehamilan pertama), sebaiknya jangan mengonsumsi makanan mentah, setengah mentah atau yang belum di proses dengan baik. Ketika mengonsumsi makanan laut, Anda sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan seafood yang bisa terkontiminasi zat merkuri yaitu zat yang dapat merusak sistem saraf janin. Seafood yang wajib dihindari oleh ibu hamil muda adalah jenis ikan tongkol, ikan kakap putih, dan ikan makarel.

Jika Anda mengidam terhadap makanan yang dilarang diatas, berusahalah dengan menahan nafsu untuk memakannya. Alihkan ke makanan yang lain yang tentu bisa membuat sehat bayi didalam kandungan Anda. Jangan memaksakan kehendak yang bisa berpengaruh terhadap kesehatan Anda dan janin.

Konsumsi Buah dan Sayur

Pada masa kehamilan di tiga bulan awal (trimester) kebutuhan vitamin C dibutuhkan agar menjadikan kekebalan tubuh dan memerangi penyakit. Kandungan vitamin C dapat didapatkan dari jus jeruk. Selain vitamin juga dibutuhkan nutrisi yang bisa diperoleh dari buah, hal ini untuk kesehatan ibu dan janin.

Buah untuk ibu hamil muda banyak manfaatnya. Selain kandungan nutrisi yang banyak juga karena kandungan serta dari buah tersebut bisa membantu mengatasi sembelit yang terjadi ketika masa kehamilan muda. Untuk janin banyaknya nutrisi didalam buah akan sangat baik untuk perkembangannya. Buah yang banyak mengandung nutrisi dan vitamin antara lain apel, pisang, alpukat, anggur, jeruk, kurma, tomat dan lain sebagainya.Dan yang menjadi pantangan adalah buah durian, nanas, delima, dan pepaya muda.

Air dan Vitamin

Ketika masa hamil muda, sering kali mengalami mual. Untuk itu kebutuhan akan air dan vitamin harus diperhatikan dengan cara mengonsumsi air putih yang bisa ditambahkan sari buah tanpa gula.

Sangat penting menambah vitamin untuk kehamilan muda, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter atau bidan untuk bisa memperoleh vitamin yang sesuai dengan kebutuhan kandungan Anda.

Vitamin sangat penting untuk masa kehamilan muda. Karena akan berpengaruh terhadap perkembangan janin yang sedang dikandung. Mengonsumsi vitamin bisa menambah janin terpenuhinya kebutuhan vitaminnya sehingga ketika lahir tentu lebih sehat.

Makanan sehat yang telah disebutkan diatas sebaiknya dikonsumsi dalam porsi sedikit tetapi sering. Ini bermanfaat untuk mencegah rasa mual yang seringkali datang di trimester awal.

Demikian lah beberapa tips makakanan untuk ibu hamil muda atau pada masa kehamilan tiga bulan pertama. Sangat penting menjaga kehamilan terlebih untuk ibu yang hamil muda karena semua akan berpengaruh terhadap kesehatan pada janin. Jadi menjaga kesehatan di usia hamil muda perlu diperhatikan agar kesehatan ibu dan anak yang didalam kandungan tetap terjaga sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat


ladyfem

Silakan Baca Juga:

Loading...
loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Inilah Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda (Wajib Tahu)