loading...

4 Jenis Makanan Sehat Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

loading...

Mengonsumsi makanan sehat sangat bagus untuk mengurangi tingkat kolesterol yang tinggi dalam darah. Di samping mengurangi kolesterol tinggi, mengonsumsi makanan sehat berikut juga dapat menyehatkan tubuh, mengurangi resiko penyakit hingga menyembuhkannya. Oleh karena itu, beberapa ahli gizi dan dokter menyarankan makanan berikut sebagai hidangan harian yang harus disajikan untuk memenuhi kecukupan gizi tubuh.

Ya, seperti yang kita tahu, kolesterol tinggi sendiri adalah problematika yang belum terpecahkan hingga sekarang.

Namun seperti gangguan kesehatan pada umumnya, kolesterol tinggi sendiri bisa diatasi dan dicegah dengan banyak cara, salah satunya dengan mengonsumsi beberapa makanan sehat sebagai berikut:

Makanan Sehat Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

1. Olahan Kedelai

Kedelai adalah salah satu sumber protein nabati yang cukup diperhitungkan hingga sekarang. Banyak yang menyebutkan kalau protein dalam kedelai sebanding dengan protein hewani seperti daging dan sebagainya. Bukan Cuma sebanding, protein ini juga dinilai aman, khususnya jika dikonsumsi setiap hari.

Tak berhenti sampai di situ. Karena di samping aman dan hampir setara dengan protein hewani, kedelai juga punya banyak olahan yang b isa dinikmati, mulai dari tahu hingga susu kedelai. Asal dikonsumsi secara rutin dan tanpa menggunakan gula, makanan sehat untuk penderita kolesterol tinggi ini nampaknya bagus untuk dikonsumsi. Sebab, jika kita mengonsumsi sekitar 0,5 ons perhari, 6% dari keseluruhan  kolesterol yang ita miliki akan berkurang.

Namun perlu diingat, olahan kedelai ini baru akan berdampak baik jika kita tidak melibatkan gula dalam proses pengolahannya.

2. Kacang-Kacangan

Sebagai salah satu sumber makanan yang juga cukup diperhitungkan, kacang-kacangan memiliki andil dalam menyehatkan, mencegah, bahkan mengobati sebuah penyakit. Pada kacang-kacangan sendiri terdapat beberapa sunrisi yang baik untuk tubuh seperti protein, vitamin E, kalium, magnesium, lemak tak jenuh dan masih banyak lagi.

Di samping kaya akan nutrisi, makanan sehat untuk penderita kolesterol ini juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Ia mampu mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam tubuh hingga 5%. Namun dengan catatan, untuk mendapatkan jumlah tersebut, seseorang harus mengonsumsi kacang-kacangan sedikit 1-2 ons perhari, baru bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darahnya.

Oh ya, makanan sehat untuk penderita kolesterol tinggi ini tak jauh beda dengan kedelai, Ia juga bisa diolah dengan aneka olahan. Bahkan, untuk Anda yang suka dengan makanan ini, Anda juga bisa mengonsumsi sebagai cemilan dalam keseharian Anda.

3. Jelai dan Oat

Perlu dicatat, kedua makanan ini tidak mengurangi kadar koleseterol setelah Anda memakannya, namun mengikat kolesterol dalam usu dan mencegahnya tidak diserap oleh tubuh. Walau sama-sama bertugas mengurangi kolesterol, namun cara ini dinilai lebih efektif karena mampu mengurangi kolesterol pada tahap awal.

Makanan sehat untuk penderita kolesterol tinggi ini merupakan makanan yang kaya akan beta glukan. Beta glukan sendiri adalah salah satu nutrisi yang baik untuk tubuh, khususnya dalam mencegah dan mengurangi kolesterol dalam darah.

4. Alpukat dan Buah Lain

Alpukat sendiri adalah salah satu sumber lemak tak jenuh yang baik dikonsumsi oleh tubuh. Dengan kandungan lemak tak jenuhnya, diharapkan alpukat mampu mengurangi potensi penumpukan lemak jenuh dalam tubuh. Walau demikian, konsumsi alpukat baiknya tidak dilakukan bersamaan dengan gula atau garam. Itu artinya, mengonsumsi alpukat baiknya dilakukan secara langsung, tanpa tambahan gula atau sumber kolesterol lainnya. Tak Cuma itu, alpukat juga dirasa baik karena bisa menjadi sumber lemak tak jenuh tubuh untuk tubuh.

Nah, di samping makanan sehat untuk penderita kolesterol ini, Anda juga bisa mengonsumsi aneka buah lain untuk memenuhi kebutuhan lemak tak jenuh. Tapi ingat, konsumsi buah-buah tadi baiknya tidak dicampur dengan gula. Sebab, bagaimana pun juga, konsumsi gula yang tidak semestinya akan menimbulkan masalah yang cukup serius, terlebih jika dikonsumsi secara berlebihan.

Nah, itulah beberapa makanan sehat untuk penderita kolesterol tinggi. Makanan-makanan di atas baiknya dikonsumsi untuk mengurangi tingkat kolesterol arah yang tinggi. Di samping mengurangi, beberapa makanan di atas juga baik dikonsumsi karena mampu mencegah beberapa penyakit yang berkaitan dengan kolesterol tinggi.


ladyfem

Baca Juga :

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 4 Jenis Makanan Sehat Untuk Penderita Kolesterol Tinggi