loading...

5 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Anda

loading...

Buah salak merupakan salah satu buah yang mudah didapatkan di Indonesia. Hampir seluruh pulau Indonesia bisa djadikan lahan pertumbuhan buah salak. Ada beberapa varian salak yang sangat terkenal seperti salak Pondok, salak Swaru, Salak Bali, Salak Condet dan beberapa vairan lainnya.

Selain memiliki rasa yang lezat, buah dengan kulit bertekstur kasar ini ternyata memiliki banyak manfaat. Manfaat buah salak jarang sekali diketahui masyarakat luas, apalagi untuk masyarakat pedesaan yang mana menjadi tempat tumbuhnya buah salak itu.

Kebanyakan orang hanya mengonsumsi salak ketika ada yang membawakan ataupun membeli sendiri ketik panen salak tiba. Mereka tidak memusingkan apa manfaat buah salak bagi kesehatan tubuh manusia.

Padahal jika memiliki pengetahuan mengenai manfaat buah unik ini, tentunya sangat berguna karena akan dapat dimanfaatkan dengan baik. Sehingga bukan hanya memakannya saja karena ada, tapi mengonsumsinya karena diperlukan oleh tubuh.

manfaat buah salak

Buah Salak

Manfaat Buah Salak

Buah yang tumbuh di daerah tropis ini, menurut beberapa peneliti memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Berdasarkan hasil penelitian buah yang memiliki rasa asam dan asam ini mengandung vitamin C, zat besi, fosofor, kalsium, lemak, karbohidrat, protein dan kandungan kalori sebagai penyuplai energi.

Dari hasil penelitian tersebut sudah bisa dibayangkan bahwa seluruh nutrisi yang di dalam daging salak sangat diperlukan oleh tubuh. dilihat dari apa saja yang terkandung di dalam salak, manfaat buah salak dapat dikategorikan ke dalam beberapa manfaat.

  • Meningkatkan Kerja Otak

Manfaat buah salah yang pertama adalah sebagai buah yang membantu meningkatkan kerja otak. Dalam sebuah jurnal ilmiah, telah terbukti bahwa salak yang mengandung pectin dan potassium berguna untuk membantu meningkatkan kinerja otak. Kandungan potassium akan diserap dan membantu mengangkat kinerja otak dan mengendalikan detak jantung yang diatur oleh Sistem Saraf Otonom (SSO).

  • Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker Prostat

Salak juga membantu mencegah tumbuhnya sel kanker prostat dalam tubuh manusia. Kandungan pektik di dalam buah salak akan mencegah berkembang biaknya sel-sel kanker. Selain itu pektik juga membantu menimalisir proses apoptopis, yaitu sebuah proses bunuh diri dari sel-sel di dalam tubuh.

  • Menjaga Fungsi Penglihatan Mata

Kesehatan penglihatan mata ternyata tidak hanya bergantung pada wortel yang banyak mengandung vitamin A. Buah salak juga berguna untuk menjaga fungsi penglihatan mata. Kandungan betakarotin di dalam daging salak berguna dalam mengamankan kesehatan fungsi penglihatan.

Buah salak bisa dijadikan menu buah untuk membantu menjaga mata selain wortel. Rasa wortel yang terasa hambar akan bisa digantikan dengan rasa salak yang manis atau asam.

  • Membantu Melancarkan BAB

Manfaat buah salak selanjutnya adalah membantu mencegah terjadinya sembelit atau susah Buang Air Besar (BAB). Fakta ini tentunya mematahkan anggapan masyarakat selama ini yang mengatakan bahwa salak membuat BAB tidak lancar.

Manfaat tersebut dapat dirasakan jika pada saat memakannya kulit air yang membungkus tipis daging salak tidak dibuang. Inilah kekeliruan banyak orang selama ini. Ketika mengonsumsi buah salak kulit ari pasti dibuang.

Kulit ari tersebut yang membantu memperlancar proses BAB setelah memakan buah salak. Selain itu, buah salak juga berguna untuk mengobati diare. Kandungan tannin di dalam salak yang menjadi obat bagi perut yang diare.

  • Penunjang Program Diet

Bagi anda yang sedang menjalankan cara menurunkan berat badan ini adalah salah satu buah yang baik dikonsumsi pada saat program diet berlangsung. Salak mengandung serat sehingga akan membuat siapa saja yang memakannya terasa kenyang.

Itulah 5 Manfaat buah salak untuk kesehatan anda, Setelah kita mengetahuinya ternyata beragam ya. Dan semuanya ini masih jarang orang ketahui. Semoga Bermanfaat ….


ladyfem

Baca Juga Manfaat Lainnya :

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 5 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Anda