4 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan yang Tak Diduga-duga

loading...

Manfaat ketumbar – Ketumbar adalah salah satu bumbu dapur yang kerap digunakan untuk berbagai masakan. Bumbu masakan yang juga bernama Coriandrum Sativum ini memang memiliki nilai ekonomi yang tidak. Maraknya penggunaan ketumbar di Indonesia membuatnya jadi salah satu bumbu masakan yang amat dicari. Saat Ia hilang, Ia pun akan dihargai amat mahal.

Jika dirunut dari rujukan biologi, ketumbar merupakan tanaman berklasifikasi plantae dan masih tergolong ke famili Apiaceae.

Menurut sejarah, konon ketumbar ini berasal dari Eropa, kemudian di bawa dan disebarkan bangsa Eropa ke berbagai penjuru dunia. Nah, dari penyebaran itulah, manfaat ketumbar mulai terlihat dan dirasakan konsumennya.

manfaat ketumbar

Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan

Ketumbar sendiri punya aneka nutrisi yang baik untuk tubuh. Dari nutrisi tersebut, kita bisa mendapat aneka manfaat, baik itu untuk kesehatan atau pun kecantikan. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut kami paparkan beberapa manfaat ketumbar dari kesehatan:

1. Anti kanker

manfaat ketumbar seabagai anti kankerDalam daun ketumbar terdapat beberapa zat yang baik untuk menekan penyebab kanker. Zat-zat tersebut meliputi anti-oksidan, vitamin C, beta karoten, asam caffeic, ferulic, quercetin, dan kaemferold yang diyakini ampuh untuk menekan penyebab kanker Dengan kandungan zat yang melimpah, daun ketumbar biasa dimanfaatkan sebagai ramuan atau jamu untuk menurunkan resiko kanker.

Penurunan resiko kanker di sini dilakukan dengan menurunkan resiko stress oksidatif pada sel-sel yang bersifat karsinogenik.

Di samping itu, ketumbar juga memiliki sifat yang baik, khususnya dalam menghambat pembentukan heterocycle amine (HCA) pada daging yang dimasak. Sifat dan manfaat ketumbar ini dinilai penting. Sebab, HCA sendiri sering dihubungkan dengan peningkatan resiko kanker, dengan penghambatan pembentukan HCA,  diharapkan konsumen ketumber akan lebih terhindar dari peningkatan resiko kanker.

2. Obat diare

manfaat ketumbar sebagai obat diareSalah satu manfaat ketumbar ini memang belum banyak diketahui khalayak ramai. Kendati demikian, efektivitas dan hasil yang didapat dari cara ini terbilang baik, karena mampu mengatasi diare dalam rentang waktu yang relatif pendek.

Dalam ketumbar sendiri terdapat borneol dan linalool yang dinilai baik untuk sistem pencernaan.

Di samping itu ketumbar punya beberapa zat aktif seperti Limonene, Alpha-pinene, & Beta-pheliandrene. Limonene, Alpha-pinene, & Beta-pheliandrene sendiri adalah zat-zat yang baik untuk tubuh. Sebab, apabila dikonsumsi dengan baik, zat-zat ini akan menyembuhkan dan mengurangi resiko diarea.

3. Menurunkan resiko terkena penyakit mata

Sama halnya dengan banyak manfaat ketumbar lain, maanfaat ini juga jarang disadari oleh banyak orang. Tapi terlepas daripada itu, ketumbar sendiri mengandung beta-kryptoxanthin, zeaxanthin, keratenoid dan lutein. Beberapa kandungan ini berperan aktif untuk mengatasi penyakit, salah satu penyakit mata.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Kantung Mata

4. Mengatasi ragam masalah tubuh

Di samping manfaat ketumbar tadi, ada beberapa manfaat lain yang jarang disadari, seperti menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan tekanan darah, melancarkan ASI, menangani sakit gigi, campak, nyeri otot, infeksi jamur dan bakteri, membunuh parasit, mengatasu konstipasi, mengatasi sakit perut, cacingan, mual, dan beragam masalah pencernaan lain.

Walau belum terbukti 100%, manfaat ketumbar yang tadi terbilang populer dan banyak diyakini masyarakat.

Meskipun demikian, konsumen tetap dianjurkan untuk berhati-hati, khususnya dalam mengonsumsi ketumbar olahan. Meski bagaimana pun juga, ketumbar olahan diyakini mengandung zat tambahan yang beresiko.

Tak beda jauh dengan ketumbar olahan, ketumbar alami pun harus diawasi konsumsinya. Sebab, pada kasus tertentu, konsumsi ketumbar juga menyebabkan alergi dan resiko sensitivitas terhadap sinar matahari. Jika hal ini terjadi, konsumen pun memiliki resiko kanker dan kulit terbakar saat terpapar sinar matahari.

Seperti yang disampaikan di atas, manfaat ketumbar baru akan didapat jika kondisi tubuh dan intensitas konsumsi berjalan beriringan. Sebab, walau memiliki khasiat yang begitu melimpah, ketumbar juga punya bahaya terselubung, khususnya untuk kondisi tubuh yang lemah dan terkena penyakit serius. Oleh karenanya, untuk menekan resiko tadi, penggunaan ketumbar untuk obat herbal pun harus diperhatikan.

Khusus untuk penggunaan ketumbar olahan, baiknya memperhatikan label dan zat tambahan yang ditambahkan. Walau secara umum ketumbar itu aman dan baik untuk dikonsumsi, namun zat tambahan yang ada pada olahan ketumbar diyakini menimbulkan resiko tersendiri. Oleh karenanya, penggunaannya harus selalu diperhatikan demi kesehatan penggunanya. Semoga Bermanfaat…

Manfaat Lainnya :

loading...

You Might Also Like

Most popular articles related to 4 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan yang Tak Diduga-duga