loading...

Manfaat Kunyit Hitam dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

loading...

Kunyit Hitam adalah Tanaman yang memiliki ciri-ciri rimpang/buah warna biru kehitaman, Kuyit Hitam banyak berasal dari India baik itu di Utara, Timur, dan India Tengah. Nama lain dari kunyit hitam adalah Curcuma caesia. Untuk penggunaanya sendiri, Kunyit hitam banyak digunakan dalam negara india. Daun yang kering digunakan sebagai sumber bahan bakar, Sedangkan Suku India utara menggunakan sebagai jimat untuk menjaga roh-roh jahat
pergi. Dan pada saat ini Kunyit Hitam berada di ambang kepunahan.

Kunyit hitam termasuk salah satu tanaman yang telah langka sekali sehingga sangat sulit untuk mendapatkannya untuk saat ini. Karena ragam manfaatnya Kunyit ini telah banyak sekali peminatnya karena salah satunya dapat mengobati kista dan menjadikan seseorang awet muda dengan perawatan pada kunyit hitam.

Baca : Cara Merawat Wajah Agar Putih

Kunyit hitam pada dasarnya memiliki ukuran dan bentuk yang sama seperti kunyit kuning pada umumnya yang membedakan hanya pada buah/rimpangnya berwarna biru yang kehitaman.

Untuk Negeri Indonesia, kepopuleran pada kunyit hitam ini sudah cukup terkenal. Penggunaan Kunyit hitam biasanya disini digunakan sebagai jamu untuk mengatasi sakit pada perut, menambah stamina dan sebagai obat herbal untuk batuk serta sebagai penambah nafsu makan.

Ciri-ciri Tanaman Kunyit Hitam

Bentuk Tanaman
Tanaman kunyit hitam ini memiliki ciri tanaman nya terlihat seperti batang semu dan helaian daunnya tersusun seperti kumpulan-kumpulan dengan panjang kira-kira 30-55 cm. sama seperti tanaman kunyit pada umumnya.

Daun
Daun memiliki warna ungu sampai merah tua. Dan untuk sisi atas daun kunyit hitam biasanya sedikit kasar dan beludru. Bentuk daunnya bulat dan lebar memanjang dan pada bagian pinggir ada warna sedikit kemerahan. Untuk tangkai mempunyai warna putih gading sedangkan pada permukaanya berwarna hijau cerah.

Bunga
Warna pada bunga tanaman kunyit hitam yaitu berwarna putih dan untuk bagian lidah bunga nya memiliki warna ungu yang bentuknya menjulur ke bawah. Bunga kunyit hitam ini jarang berbunga sehingga akan sulit ditemukan tanaman kunyit ini berbunga.

Buah/Rimpang
Ciri dari buah/rimpang pada kunyit hitam adalah buahnya tersusun sejajar dan permukaan buahnya berwarna cokelat sedangkan untuk isi rimpangnya berawarna biru kehitaman. Bentuk buah kunyit hitam ini lonjong memanjang membentuk tuber seperti bulat-bulatan yang semakin bawah akan semakin kecil. Buah kunyit hitam memiliki ukuran bentuk yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya dapat dilihat pada beberapa faktor penentu pada saat pembentuk rimpang atau buah.

Untuk lebih jelas tentang gambar tanaman dan buah kunyit hitam silahkan Anda lihat gambar dibawah ini :

Bentuk Daun Kunyit Hitam

Bentuk Daun Kunyit Hitam

Bentuk Rimpang Kunyit Hitam

Bentuk Rimpang/Buah Kunyit Hitam

Kandungan Kimia pada Kunyit Hitam

Penelitian tentang kandungan kimia pada Curcuma caesia (Kunyit Hitam) adalah sebagai berikut :

  • Minyak 97,48%
  • kamper (28,3%)
  • ar-turmeron (12,3%)
  • ( Z ) – ocimene (8,2%)
  • ar-curcumene (6,8%)
  • 1,8-cineole (5,3%)
  • elemene (4,8%)
  • borneol (4,4%)
  • bornyl asetat (3,3%)
  • curcumene (2,82%) sebagai nilai utama

Manfaat Kunyit Hitam

1. Sebagai Obat Alami Penyakit Kulit

Kunyit hitam sering digunakan sebagai obat alami untuk penyakit kulit seperti kudis,kurap dan penyakit kulit lainnya. Cara penggunaanya cukup tumbuk beberapa rimpang atau buah kunyit hitam setelah itu campur dengan minyak kelapa kemudian oleskanlah pada kulit anda yang bermasalah

2. Peningkat Stamina bagi Penderita Jantung Koroner

Untuk anda yang menderita jantung koroner, dengan cara mengkonsumsi kapsul ekstrak kunyit hitam secara rutin 2 atau 3 kali sehari setelah anda makan dapat meningkatkan stamina & menjaga kebugaran tubuh.

3. Obat Alami Radang Usus

Kapsul hasil ekstrak kunyit hitam dapat juga digunakan untuk mengobati penyakit radang pada usus. Minumlah 1 kapsul ekstrak kunyit hitam sehari 2 kali setiap pagi dan sore setelah makan untuk mengurangi gejala radang usus & melancarkan pencernaan Anda.

4. Meredahkan Maag

Jika Anda memiliki maag, kandungan pada kuyit hitam tidak diragukan lagi kahsiatnya salah satunya dapat meringankan penyakit maag anda karena pada kuyit mampu menekan keasaman pada lambung Anda.

5. Obat Alami Pusing Migren

Haluskanlah rimpang/buah pada kunyit hitam kemudian oleskan pada dahi yang dirasakan pusing atau migren efek sedikit hangat dari kunyit hitam dapat meredahkan migren Anda.

Itulah 5 manfaat penting kuyit hitam untuk kesehatan anda, Jadi jangan ragu lagi untuk mengkonsumsinya yang penting anda tidak mengkonsumsi dengan jumlah yang berlebihaan. Selain 5 manfaat diatas terdapat pula beberapa khasiat dari kuyit hitam diantaranya :

Khasiat Kuyit Hitam

  • Dipercaya dapat meringankan dan sebagai obat untuk penyakit kusta
  • Sebagai obat alami untuk penyakit cacingan
  • Bisa membuang lemak yang ada pada perut dan bisa menurunkan berat badan dengan alami
  • Menyehatkan pertumbuhan sendi sehingga dapat mengurangi pengapuran tulang
  • Sebagai obat penyakit asam urat dan penyakit katarak

ladyfem

Demikianlah manfaat kuyit hitam dan khasiatnya untuk kesehatan yang dapat caramedis.com sampaikan, Semoga Bermanfaat …

Loading...
loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Manfaat Kunyit Hitam dan Khasiatnya Untuk Kesehatan