6 Menu Makanan Ibu Hamil yang Baik Untuk Otak Janin

Nov 23 2016 - 8:59am
loading...

Mengatur dan memperhatikan menu makanan ibu hamil adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kecerdasan anak sejak dini. Akan tetapi, tidak semua makanan bisa dikaitkan dengan menu makanan ini. Pasalnya, untuk mendapatkan kecederasan anak sejak dini, seorang ibu haruslah memberikan asupan makanan yang bergizi sejak anak dalam kandungan.

Perlu Anda ketahui, kecerdasan sejak dini umumnya ditanamkan sejak dalam kandungan. Kendati terkesan mustahil, namun penanaman kecerdasan anak dari awal kandungan memang menjadi alternatif tersendiri. Dan cara terbaik untuk menanam kecerdasan tersebut adalah dengan memberikan asupan nutrisi terbaik pada janin saat dalam masa kandungan.

Menu Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Pada dasarnya, hampir semua makanan berupa sayur, buah, daging, dan beberapa olahan beberapa bahan makanan lain dapat dijadikan sebagai menu untuk ibu hamil. Hanya saja, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada beberapa bahan makanan yang memang lebih diutamakan dan dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil.

Baca Juga : Ketahui Dulu 3 Hal Ini Bila Ingin Memiliki Anak Kedua

Nah, adapun bahan makanan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Ikan Salmon

Sudah tidak diragukan lagi, salmon adalah salah satu jenis ikan yang paling dianjurkan untuk meningkatkan perkembangan kecerdasan anak. Hal tersebut dilakukan karena salmon sendiri adalah jenis ikan yang mengandung banyak nutrisi, seperti protein, omega-3, AA, dan DHA.

2. Telur

telur

telur

Menu makanan untuk ibu hamil yang satu ini sangatlah murah, disamping itu juga mudah didapat. Telur juga salah satu bahan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi, terlebih lagi untuk ibu yang sedang mengandung. Pasalnya, telur sendiri mengandung beberapa nutrisi yang baik untuk perkembangan otak anak seperti protein, asam lemak omega-3, dan beberapa nutrisi lainnya.

3. Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging adalah salah satu menu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat hamil. Hal tersebut dilakukan agar janin dalam perut ibu mendapatkan beberapa nutrisi yang terkandung dari daging itu sendiri. Adapun nutrisi dari daging sapi sendiri antara lain, protein, zat besi, lemak dan masih banyak lagi.

4. Sereal

Menu makanan ibu hamil ini adalah alternatif pengganti nasi. Dalam sereal, Anda akan mendapati beberapa nutrisi yang penting untuk janin, seperti asam folat, zat besi, karbohidrat, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Trik & Cara Mudah Atasi Pegal-Pegal Saat Hamil

5. Kacang Tanah

Makanan yang satu ini cukup diminati oleh masyarakat. Karena selain enak dan murah, kacang tanah pun memiliki berbagai macam nutrisi yang baik untuk pertumbuhan janin, seperti asam folat, protein, dan beberapa kandungan gizi lainnya.

6. Madu

Untuk ibu hamil pastikan pula anda mengkonsumsi madu baik pada kehamilan trimester pertama sampai akhir. Karena madu memiliki banyak manfaatnya diantaranya adalah membantu dalam perkembangan dan menguatkan janin di dalam rahim.

Baca : Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

loading...

Oya, selain mengonsumsi 6 menu makanan ibu hamil diatas, Anda juga harus mengimbanginya dengan mengonsumsi susu formula atau pun susu biasa. Susu sendiri adalah sumber asupan protein, zat besi, dan beberapa nutrisi yang baik untuk janin lainnya. Hanya saja, untuk lebih meningkatkan kecerdasan anak, ada baiknya Anda mengonsumsi makanan dan minuman ini secara rutin dan teratur.

Baca Juga