Obat Alami Pilek Atau Influenza (Flu)

Nov 15 2016 - 9:19am
loading...

Obat Alami Pilek Atau Influenza (Flu) – Infulenza atau yang sering kita sebut pilek merupakan kondisi dimana hidung mengalami penyumbatan akibat ingus yang mengental. Penyakit ini biasa terjadi terutama ketika musim dingin atau musim penghujan. Pilek juga dapat disebabkan karena bakteri atau virus yang masuk melalui rongga hidung hingga menyerang sistem kekebalan tubuh.

Meskipun penyakit ini bukan masalah serius, namun tetap harus mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat agar tidak menggangu aktifitas kita sehari-hari.

Pada umumnya, pilek atau flu dapat bertahan hingga 3 – 1minggu bahkan lebih tergantung dari daya tahan tubuh orang tersebut. Untuk mendeteksi sejak dini akan pilek yang mengintai, ada beberapa gejala yang biasa dialami ketika seseorang akan pilek yaitu demam dan sakit kepala.

Baca : Resep Obat Alami Penurun Panas Atau Demam

Ketika kita sudah terkena flu, maka akan berimbas ke masalah lain contohnya batuk. Nah, untuk itu agar flu tidak merembet ke masalah-masalah lain sebaiknya segera anda obati dan atasi dengan cepat.

Mengobati pilek dapat dilakukan dengan berbagai metode pengobatan termasuk metode tradisional atau alami. Berikut ini beberapa obat alami yang dapat mengatasi pilek atau influenza.

Cara Mengobati Pilek atau Influenza Secara Alami

  • Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memiliki segudang manfaat bagi tubuh termasuk untuk mengobati pilek secara alami. Ketika flu atau pilek, maka tubuh akan lebih banyak mengeluarkan cairan sehingga kita harus perbanyak pula konsumsi air putih. Usahakan setidaknya 8 gelas perhari akan menjaga tenggorokan anda tetap bersih dan terhindar dari flu.

  • Gunakan Aroma Bawang

Bawang memiliki bau yang cukup menyengat dan bau tersebut bisa anda manfaatkan untuk mengatasi flu. Aroma yang keluar dari bawang berfungsi sebagai katalis dalam mengeluarkan cairan dihidung atau yang lebih kita kenal dengan sebutan ingus. Caranya anda cukup dekatkan bawang pada hidung kemudian hirup aromanya selama 5 menit.

  • Terapi Uap Tradisional

Cara ini sangat efektif dalam mengobati pilek yang menyerang. Panaskan air hingga mendidih kemudian masukkan kedalam wadah seperti baskom dan jika sudah dekatkan wajah pada baskom tersebut hingga uapnya mengenai wajah.

terapi uap

Terapi Uap

Cara ini terbukti sangat ampuh untuk mengatasi flu secara alami. Agar lebih ampuh lagi, anda bisa menambahkan minyak kayu putih, jahe dan kunyit pada air panas tersebut.

  • Gunakan Aroma Mentol

Aroma daun mentol sangat efektif untuk mengatasi flu atau pilek. Aroma mentol dapat berasal dari minyak kayu putih, balsam atau viks. Usapkan pada hidung yang mampet sambil hirup aromanya maka akan sedikit melegakan tenggorokan dan dada anda.

  • Konsumsi Makanan Pedas

Makanan yang pedas sangat cocok kita konsumsi terutama pada saat anda terkena flu. Anda bisa konsumsi cabe untuk membersihkan rongga hidung atau selain itu anda juga bisa konsumsi sup dengan taburan lada atau cabe pedas. Namun jangan terlalu banyak karena dapat membuat perut anda mulas.

  • Gunakan Air Hangat disaat Mandi

Dengan menggunakan air hangat disaat anda mandi dapat membuat rileks otot – otot pada tubuh dan melembabkan saluran di rongga hidung.

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi pilek atau flu yang dapat anda coba dirumah jika sakit pilek anda berkepanjangan cepat anda ambil tindakan untuk konsultasikan ke dokter. Semoga Bermanfaat …

loading...

Baca Juga :

Baca Juga