4 Obat Asam Urat yang Alami, Ampuh, dan 100% Herbal

loading...

Nampaknya obat asam urat bukanlah obat yang sulit didapatkan. Jika Anda ingin membelinya, Anda bisa datang ke toko, apotek, atau pun swalayan terdekat. Kualitasnya pun terjamin karena diakui oleh badan POM. Nah, karena diakui oleh badan POM, sudah pasti obat ini aman dan terbukti bisa menurunkan asam urat.

Tapi, apakah dengan mengonsumsi obat-obat tersebut asam kurat kita bisa turun? Apakah benar demikian? Tentu tidak, karena di samping mengonsumsi obat-obat tadi, Anda juga harus menjauhi hal-hal yang dilarang untuk penderita asam urat, seperti jeroan, seafood, daging kamping, kangkung, jenis kacang-kacangan, soft drink, serta makanan yang tinggi akan protein dan lemak.

Nah, di samping menghindari hal-hal tadi, penderita juga dianjurkan untuk mengonsumsi obat asam urat yang alami.

Obat asam urat alami sendiri adalah obat yang terdiri dari bahan alami, baik itu berbentuk olahan atau bahan mentah. Di samping aman, obat ini juga dinilai efektif untuk menurunkan kadar asam urat seseorang.

Untuk Anda yang tertarik dan ingin tahu seperti apa obat yang dimaksud, yuk simak bahasannya di materi berikut.

Daftar Obat Asam Urat Alami yang Aman dan Efektif

1. Daun salam yang direbus bisa dijadikan obat untuk menurunkan kadar asam urat yang membandel

Daun Salam

Daun Salam

Ya, di samping digunakan untuk bahan masakan, daun salam juga terbukti ampuh untuk menurunkan asam urat. Kadar nutrisi yang tinggi di dalamnya mampu mengurangi dan menurunkan kadar asam urat dalam waktu yang relatif cepat. Di samping itu, pengolahan daun salam sebagai obat asam urat alami juga tergolong mudah. Terlepas dari itu, daun salam sendiri adalah bahan yang mudah ditemui di banyak pasar tradisional, sehingga memudahkan penderita untuk mencari dan mengolahnya.

Di luar daripada itu, obat asam urat alami ini juga memiliki harga yang murah, sehingga ramah untuk semua kalangan.

Oh ya, dalam daun salam sendiri terdapat banyak sekali zat aktif, seperti tannin dan flavonoid. Kedua zat ini sendiri adalah jenis antioksidan yang berkhasiat baik untuk tubuh dan mampu mengurangi kadar asam urat dalam waktu yang relatif cepat.

Nah, bagaimana? Tertarik mencoba obat asam urat ini? Jika demikian, yuk simak pengolahannya di bahasan berikut:

  • Pertama, siapkan setelah batang jahe dan beberapa daun salam yang masih segar dan fresh (Jumlah yang dianjurkan adalah 10 lembar).
  • Setelah itu siapkan panci dan air sebanyak 700 cc.
  • Setelah semua bahan siap, rebus semua bahan tadi sampai air dalam panci berubah jadi 200 cc.
  • Jika sudah, dinginkan ramuan tersebut, lalu minum setiap 2 kali sehari.

Perlu dicatat, pengolahan ini sendiri baiknya dilakukan secara maksimal. Di samping itu, penghancuan bahan seperti jahe dan daun salam juga sangat dianjurkan. Cara ini sendiri bertujuan untuk mengeluarkan zat aktif dalam daun.

2. Daun tempuyung adalah obat asam urat yang cukup mujarab dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia

Daun Tempuyung

Daun Tempuyung

Ya, di samping daun salam, daun tempuyung juga bisa digunakan untuk obat asam urat. Soal khasiat, Anda tak usah khawatir. Daun tempuyung sendiri mengandung banyak sekali senyawa aktif. Sebut saja flavonoid, kalium, taraksasterol, manitol, ilica, inositol dan masih banyak lagi. Sebagian zat-zat tersebut berperan aktif dalam penyembuhan asam urat sehingga banyak digunakan kalangan medis untuk menyembuhkan gangguan kesehatan ini.

Di samping berguna sebagai obat asam urat, daun ini juga banyak digunakan untuk menyembuhkan penyakit lain, salah satunya adalah wasir.

Sama halnya dengan daun salam, pengolahan daun tempuyang sendiri banyak dilakukan dengan cara merebusnya. Dengan cara tersebut, harapannya semua zat yang terkandung di dalamnya keluar dan dapat dikonsumsi sebagai obat asam urat.

3. Selain daun salam dan tempuyang, sidaguri juga bisa digunakan untuk mengurangi kadar asam urat

Tanaman Sidaguri

Tanaman Sidaguri

Ya, di samping kedua bahan di atas, Anda juga bisa menggunakan sidaguri untuk mengurangi asam urat. Tak hanya efektif, kandungan zatnya yang melimpah juga membuat tanaman ini mampu mengatasi asam urat dengan cepat. Bagaimana tidak, dengan kandungan flavonoid, evedrin, asam amino dan nutrisi lain, sungguh perkara mudah bagi tanaman ini untuk mengatasi asam urat.

Kandungan nutrisi yang melimpah membuat tanaman ini jadi obat asam urat saja, melainkan beberapa penyakit lainnya.

Namun perlu diketahui, karena tergolong obat tradisional, tanaman ini pun harus dikonsumsi rutin. Sebab, dengan penerapan seperti itu, kandungan yang ada pada sidaguri akan mudah terserap. Dengan begitu kadar asam urat akan semakin cepat turun.

Sama halnya dengan beberapa tanaman obat lain, obat asam urat dari sidaguri juga diolah dengan cara direbus dengan tahapan berikut:

  • Pertama, siapkan beberapa gram sidaguri kering yang sudah dicacah dan 3 gelas air putih.
  • Sesudah itu rebus keduanya sampai air tersisa sepertiganya.
  • Jika sudah, minum air rebusan tersebut 2 kali dalam sehari. Tiap sekali minum setengah gelas sedang.

Perlu diingat, obat asam urat ini adalah ramuan keras dan bisa berdampak buruk pada janin. Jadi, khusus untuk Anda yang hamil, Anda dilarang keras mengonsumsi ramuan ini karena dapat melemahkan janin. Di luar ibu hamil, konsumsi ramuan harus sesuai anjuran untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

4. Kumis kucing adalah satu dari sekian obat asam urat termanjur karena mengandung orthosiponin glikosida

Tanaman Kumis Kucing

Tanaman Kumis Kucing

Siapa yang tak kenal dengan kumis kucing? Salah satu tanaman obat terkemukandi Indonesia ini memang banyak digunakan untuk beragam keperluan, mulai dari perawatan sampai penyembuhan penyakit. Untuk penyakit, tanaman ini sendiri adalah obat dari beragam penyakit, salah satunya adalah asam urat.

Kandungan orthosiponin glikosida yang cukup tinggi pada kumis kucing terbukti ampuh untuk menurunkan asam urat dalam darah. Jika dikonsumsi secara rutin, kumis kucing diharapkan mampu mengurangi kadar asam usat secara efektif.

Oh ya, obat asam urat ini tidak hanya mengandung orthosiponin glikosida, melainkan beberapa zat lain seperti flavonoid, damar dan lainnya.

Dengan perpaduan zat yang beragam, dan dengan penyebaran yang relatif luas, wajar jika tanaman yang mirip kumis ini jadi obat dari aneka penyakit. Bagaimana tidak, dengan kandungan yang dimilikinya, bukan tak mungkin kalau kumis kucing mampu mengatasi aneka penyakit bukan?

Nah, untuk Anda yang tertarik dan ingin menggunakan kumis kucing sebagai obat asam urat, Anda bisa simak tahapan cara berikut ini:

  • Pertama, siapkan 5 lembar daun kumis kucing dan 5 ranting kecil maniran.
  • Jika sudah, rebus keduanya dengan 3 gelas air, lalu tunggu.
  • Setelah mendidih dan tersisa 1,5 gelas, angkat air rebusan tersebut, lalu dinginkan.
  • Setelah dingin, minum ramuan tersebut 2 kali dalam sehari.

Sama halnya dengan obat asam urat alami pada umumnya, ramuan ini juga wajib dikonsumsi rutin. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan hasil dan cepat lambatnya reaksi yang akan didapat.

Nah, itulah beragam obat asam urat alami yang bisa Anda gunakan. Di samping efektif, obat-obat di atas juga tergolong aman karena tidak menggunakan bahan kimia satu pun.

Namun perlu diingat, beberapa ramuan ini tergolong berbahaya untuk beberapan kondisi, terutama saat hamil. Oleh sebab itu, penerapan dari cara pengolahan yang benar sangat dianjurkan di sini. Di samping untuk mendapatkan obat yang baik, hal ini juga berguna untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Baca juga:

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 4 Obat Asam Urat yang Alami, Ampuh, dan 100% Herbal