Obat Sariawan Anak yang Aman

Oct 26 2016 - 8:15am
loading...

Pada dasarnya sariawan bisa menginfeksi setiap orang maka dari itu kita sebelum kita membahas masalah sariwan lebih jauh ada baiknya kita mencari dulu penyebabnya agar penanganan sariawan ini benar-benar tuntas dan tidak kembali lagi.

Karena jika tidak tuntas maka virus jenis sariawan ini akan mudah kembali lagi. Sehebat apapun obat sariawan yang anda gunakan tanpa terlebih dahulu mengatahui penyebabnya maka bisa saja sariawan ini dengan mudah akan kembali lagi dan lagi.

Beberapa hal penyebab sariawan yang perlu di hindari.

  • Infeksi virus seperti virus flu biasanya sebelum muncul sariawan berawal dari demam atau meriang beberapa hari
  • Jamur, Jamur ini berbentuk bercak-bercak putih yang muncul pada permukaan lidah anak, pipi dalam dan bagian gusi si anak, jika di abaikan maka dapat tumbuh dan semakin banyak dapat menyebabkan iritasi pada mulut si anak bahkan bisa sampai luka
  • Kekurangan vitamin C dan D juga dapat menyebabkan Sariawan
  • Pada tinggkat yang lebih parah sariawan juga dapat di sebabkan oleh penyakit radang usus biasanya diikuti dengan gejala gangguan pecernaan
  • Tergigit : juga dapat menyebabkan sariawan
  • Mengkonsumsi makanan panas yang berlebihan, makanan yang keras

Pada beberapa uraian penyebab sariawan diatas bianya sang anak akan merasa kesakitan ketika memakan atau minum apalagi jika mengkonsumsi makanan pedas makan akan terasa nyeri pada sariawan tersebut. Pada kasus ini di upayakan untuk anak mengkonsumsi makanan yang lunak dan juga sehat.

Pada kasus sariawan ringan yang terjadi pada penderita sariawan ringan sebenarnya tidak terlalu menghawatirkan karena sariawan pada anak umumnya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih 1 sampai 2 pekan.

Obat Sariawan Anak yang Aman

Tips Untuk membantu meringankan dan mengobati sariawan pada anak, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan:

  1. Jika sariawan anak di barengi dengan demam dan nyeri anda dapat memberikan “ibuprofen” pada anak anda untuk mengurangi rasa nyeri dan demam anak, jika demam anak tak juga kunjung sembuh segeralah kedokter anak untuk penangan lebih lanjut.
  2. Jika sariawan terjangkit di bagian mulut, jika anak anda merasakan nyeri anda dapat mencoba mengoleskan “gel anestesi” khusus mulut yang dapat anda oleskan pada luka anak
  3. Bisa juga dengan cara alami yaitu dengan berkumur “air garam hangat”. Tuangkan air hangat  kedalam gelas dan tambahkan setengah sendok teh garam beryodium lalu aduklah hingga merata. Lalu berkumurlah selama 30-60 menit, lakukanlah ini 3-4 kali dalam 1 hari. Dan cara ini juga dapat di gunakan buat orang dewasa.
  4. Perbanyaklah minum air putih untuk mencegah anak anda dari dehidrasi. Dan jangan minum minuman yang mengandung soda terlebih dahulu.
  5. Menjaga pola makan sehat dan jangan memberikan makanan yang pedas
  6. Sariawan ini sebenarnya dampak dari penyebaran virus yang dapat menular kepada siapa saja jadi cegah jangan sampai menginfeksi anggtota tubuh lainnya atau anggota keluarga lainnya, karna itu harap di perhatikan agar jangan sampai tangan menyentuh bagian mulut si anak, karena dapat menyebabkan penularan yang signifikan.

Dari 6 uraian diatas dapat di tarik kesimpulan adalah dengan menjaga gaya dan pola hidup sehat, makan teratur, menjaga pola makan sehat dan yang banyak mengandung vitamin mudah mudahan kita akan terhindar dari segala macam virus yang ada. Solusi yang terbaik adalah menjaga lebih baik dari pada mengobati.

loading...

Baca Juga : 

Baca Juga