loading...

Olahraga Atletik Yang Aman Untuk Penderita Asma

loading...

Olahraga merupakan kegiatan yang dapat membuat badan kita menjadi sehat dan bugar, dengan berolahraga kita juga dapat menghindari berbagai penyakit yang berbahaya seperti jantung dan lain sebagainya, olahraga juga dapat membuat tubuh kita ideal.

Tetapi bagaimana dengan seseorang yang memiliki penyakit asma, banyak yang mengatakan bahwa orang yang memiliki penyakit asama tidak boleh teralalu kecapekan, sedangkan olahraga membutuhkan tenaga untuk membuang keringat.

Penyakit Asma adalah suatu kondisi jangka panjang yang mana si penderita merasakan sesak napas, sulit bernapas, sesak dibagian dada serta batuk, penyakit asma diakibatkan oleh pembengkakan dinding saluran udara atau yang biasa disebut bronkus.

Bronkus berfungsi untuk membawa udara masuk dan keluar dari paru-paru, penyebab dari asma beraneka macam mulai dari asap rokok, debu, bulu binatang, serbuk sari bunga, infeksi bahkan olahraga dapat memicu penyakit asma kambuh.

Baca : Seputar Gejala dan Pemicu Terjadinya Penyakit Asma

Penderita asma bisa dikatakan lebih sensitif dengan berbagai hal, lantas kenapa olahraga dapat membuat asma kambuh? Dalam keadaan normal oksigen atau udara yang masuk dilembabkan oleh saluran hidung, tetapi ketika kita berolahraga kebanyakan orang cenderung bernapas melalui mulut.

Ketika bernapas menggunakan mulat udara yang dingin dan kering tidak melalui proses penghangatan, dengan demikian otot yang ada dalam saluran udara akan menjadi lebih sensitif terhadap kelembapan dan perubahan suhu, dengan demikian otot-otot pada saluran pernapasan berkontraksi dan ruangnya menjadi sempit.

Tetapi bagi anda penderita asma tidak perlu khawatir, anda bisa melakukan olahraga supaya tubuh anda bugar, penderita asma juga dihasruskan untuk berolahraga, penelitian telah mengungkapkan bahwa olahraga dapat memberi pengaruh positif terhadap penyakit asma.

Bahkan dengan berolahraga penyakit asma akan semakin berkurang dan beberapa pengalaman penderita asma juga jarang kambuh ketika berolahraga.

Baca : Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah

Kambuhnya asma ketika berolahraga dikarenakan aktifitas fisik yang terlalu berlebihan dan asma tidak terkontrol, resiko ini dapat dikurangi dengan persiapan mental serta fisik dan menggunakan obat asma yang sesuai.

Olahraga Atletik Yang Aman Untuk Penderita Asma

Lantas olahraga apa yang dapat dilakukan oleh penderita asma, berikut ini merupakan olahraga-olah raga atletik yang dapat dilakukan oleh penderita asma :

1. Jalan Kaki

Jalan kaki 3 kali dalam seminggu selama 12 minggu dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan dapat mengendalikan asma, berjalan kakilah selama 30 menit yang diiringi dengan pemanasan dan pendinginan selama 5 menit.

2. Yoga Hatha

Suatu penelitian telah menyatakan bahwa melakukan yoga hatha 2,5 jam per minggu yang dilakukan selama 10 minggu dapat menurunkan penyakit asma anda.

3. Sepeda Santai

Bersepeda santai tidak akan membuat asma anda kambuh, bersepeda tidak akan mempengaruhi asam anda jika anda mengayuh sepeda dengan santai kecuali jika anda mengayuh sepeda anda dalam kecepatan 30 KM/jam atau mungkin anda bersepeda di pegunungan itu malah akan membuat asma anda semakin parah.

jadi bersepedalah dengan sangat santai, yang terpenting saat anda telah terlalu kelelahaan maka beristirahaatlah sejenak dan ingat jangan memaksakan diri.

4. Olahraga Menggunakan Raket

Olahraga yang menggunakan raket akan membuat anda beristirahat secara teratur, kendalikan permainan yangdiimbangi dengan minum air putih dan istirahat.

5. Lari Jarak Pendek

Olahraga lari jarak pendek tidak akan membuat kambuh asma anda, ingat ya lari jarak pendek, jangan sekali-kali melakukan lari marathon ketika anda menderita asma.

6. Bola voli

Olahraga ini tidak akan membuat anda lari-larian, dalam olahraga ini anda akan dibantu dengan tim anda.

Demikian ulasan mengenai olahraga atletik yang aman untuk penderita asma yang dapat kami bagikan semoga dapat bermanfaat.


ladyfem

Baca Juga Tips Lainnya :

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Olahraga Atletik Yang Aman Untuk Penderita Asma