Patahnya Tulang Panggul Dapat Membahayakan Nyawa

loading...

Tulang panggul yang ada di dalam tubuh manusia mempunyai bentuk yang menyerupai bentuk cincin yang letaknya di dasar pada tulang belakang diantara tulang punggung dan tulang kaki.

Pada tulang panggul terdiri dari tiga bagian yang utama yaitu bagian tulang pinggul dengan mempunyai isi berupa tulang ilium, pubis dan iskium. Kedua bagian tulang ekor, dan yang ketiga bagian yang di dasar tulang belakan yang berbentuk segitiga atau sakrum.

Pada area tersebut telah terdapat beberapa bagian yang penting karena letaknya berdekatan dengan saraf utama, kandung kemih, organ produksi dan juga berdekatan dengan usus, beberapa bagian tersebut selain berdekatan juga telah dilindungi oleh tulang panggul, selain itu juga tulang panggul merupakan tulang poros otot pada perut, paha, dan juga pada pinggul, bentuk tulang panggul yang melingkar menyerupai cincin ini jika patah biasanya akan di sertai fraktur ataupun terjadi kerusakan pada suatu jaringan ligamen.

Untuk lebih jelas letak tulang panggul silahkan anda melihat gambar dibawah ini :

tulang-panggul

Letak Tulang Panggul

Sejumlah penderita patah tulang panggul memiliki jumlah yang rendah, hal seperti ini umunya terjadi pada orang dewasa, patah tulang panggul tersebut karena di sebabkan adanya benturan yang keras seperti saja pada saat terjadi kecelakaan lalu lintas atau mungkin pada saat terjadi benturan yang ringan seperti terjatuh pada saat duduk.

Baca : Penyebab Utama Sakit Pinggang Dan Cara Mengatasinya

Patahnya tulang panggul biasanya ditandai dengan adanya rasa sakit, rasa tersebut di rasakan pada saat ia melakukan gerakan – gerakan yang tertentu seperti pada saat ia mencoba untuk berjalan atau bahkan pada saat ia sedang menggerakkan pinggulnya akan semakin memar dan bengkak pada bagian pinggul karena gerakan tersebut mengakibatkan tekanan pada tulang panggul yang sudah patah.

Selain itu ada juga kejadian lain yang terjadi pada saat tulang panggul mengalami patah tulang, seperti :

  1. Terjadinya pendarahan dari anus, alat vital, ataupun juga pada saluran kencing
  2. Terjadinya pendarahan pada bawah permukaan kulit atau hematoma, atau bahkan akan teraba tulang yang patah pada daerah paha bagian atas atau pada bagian atas organ alat vital.
  3. Terjadinya kelainan pada saraf dan juga pada pembuluh darah pada salah satu organ kaki tubuh manusia

Sedangkan untuk kerusakan yang di sebabkan oleh patah tulang panggul pada dasarnya telah di bedakan menjadi dua bagian, yaitu :

a. Patah tulang panggul secara stabil

Pada hal ini telah terjadi hanya satu retakan atau patahan di dalam tulang panggul yang dapat terjadi karena telah terjadi benturan secara ringan

b. Patah tulang panggul yang tidak secara stabil

Pada hal ini telah terjadi dua retakan atau patahan bahkan lebih di dalam tulang panggul yang dapat menyebabkan pergeseran, kondisi seperti itu dapat terjadi karena adanya benturan yang keras.

Terjadinya tulang panggul yang patah biasanya juga dapat di sebabkan akibat lemahnya daya tahan tulang, kondisi seperti itu biasanya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia karena pada usia yang sudah tua telah terjadi pengeroposan pada tulang – tulang atau osteoporosis yang salah satunya pada tulang panggul yang dapat patah.

Baca : 7 Keajaiban Fungsi Tulang Belakang Manusia

Maka dari itu untuk orang – orang yang sudah memasui usia tua meski tidak terjadi suatu benturan secara keras ataupun ringan dapat juga mengalami patah tulang panggul yang sampai dapat mengakibatkan adanya kematian, karena terjadi komplikasi pada anggota tubuh yang lain seperti otak, darah beku, kerusakan saraf.

Demikian beberapa informasi yang dapat di sampaikan di dalam artikel ini yang mengenai patahnya tulang panggul, semoga ini bermanfaat bagi anda semua, terima kasih.

Baca Juga :

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Patahnya Tulang Panggul Dapat Membahayakan Nyawa