loading...

Pengertian Dan 6 Fungsi Lambung Manusia

loading...

Pengertian Dan 6 Fungsi Lambung Manusia – Lambung adalah organ pencernaan yang sangat penting bagi tubuh manusia. Sebagai kantung nasi, lambung terdiri dari dari 3 (tiga) bagian yaitu bagian atas (cardiac), bagian tengah dan lambung bagian sebelah bawah (pylorus).

Dalam istilah medis, pengertian lambung sering disebut juga sebagai ventrikulus  atau dalam bahasa inggrisnya disebut stomach. Lambung adalah organ tubuh yang  posisinya terletak tepat dibawah sekat rongga badan dan sebagai saluran pencernaan setelah kerongkongan sebelum posisi usus dalam tubuh manusia.

Pengertian Lambung

Pengertian Lambung

Lambung berbentuk elastis, hal ini disebabkan dinding lambung manusia terdiri dari otot-otot kuat yang menjadikan lambung manusia dapat berkontraksi saat menerima dan mengolah makanan yang masuk. Oleh karena itu, selain kontraksi lambung tersebut dapat menjadikan makanan yang masuk akan teraduk rata, sifat elastis lambung manusia juga akan mengembang saat makanan masuk kedalam perut dan sebaliknya lambung manusia akan kembali mengecil pada saat tidak ada makanan yang masuk.

Baca Juga :

Pengertian Gizi dan Manfaatnya Untuk Tubuh Manusia

Cara Memilih Dan Menyimpan Sayuran Yang Baik Dan Benar Untuk Kesehatan Keluarga

8 Cara Ampuh Merawat Gigi Agar Putih dan Sehat

7 Manfaat Penting Sayuran Untuk Kesehatan Tubuh Yang Sering Kita Abaikan

6 Penyebab Utama Sakit Pinggang Dan Cara Mengatasinya

 

Proses hancurnya makanan dalam lambung berlangsung selama kurang lebih  4 – 6 jam, yang mana dalam lambung makanan yang masuktersebut  akan bercampur dengan getah lambung yang mengandung asam klorida dan berfungsi sebagai zat pengasam makanan yang masuk agar menghasilkan beberapa enzim yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia itu sendiri.

 


ladyfem

Mekanisme proses penghancuran makanan dalam lambung manusia ternyata juga dilengkapi oleh produksi hormon yang ada dalam sistem pencernaan tubuh manusia. Dimana hormon-hormon ini kemudian berfungsi sebagai pelindung tubuh dari berbagai bakteri yang ikut masuk ke dalam lambung saat makanan masuk ke perut melalui lambung. Nah, lalu apa saja sebenarnya fungsi lambung manusia itu sendiri? Berikut penjelasan mengenai 6 fungsi lambung manusia dalam menerima dan mengolah makanan yang masuk ke tubuh manusia.

 

6 Fungsi Lambung Manusia Saat Makanan Masuk Ke Dalam Perut

Fungsi Lambung

Fungsi Lambung

  1. Sebagai media penyalur hasil pengolahan makanan yang berbentuk cair (kismus), yang kemudian digiring masuk hingga sampai pada usus dua belas jari.
  2. Sebagai tempat penampungan makanan yang masuk ke tubuh manusia hingga beberapa waktu lamanya, dan saat hal itu berlangsung perut manusia bisa bertahan untuk tidak makan kembali dalam beberapa jam kemudian.
  3. Sebagai tempat untuk mengubah protein yang terkandung dalam makanan yang masuk kemudian merubahnya menjadi zat pepton.
  4. Sebagai tempat dalam pengolahan dan proses pencernaan lemak yang terkandung dalam makanan yang masuk ke tubuh.
  5. Sebagai tempat dimana setiap makanan yang masuk akan diubah menjadi lembek (cair) dengan meminta bantuan asam hidroklorida, yang mana setelah makanan tersebut menjadi cair maka makanan tersebut siap dikirim menuju usus untuk pencernaan selanjutnya.
  6. Sebagai tempat dalam membekukan susu yang masuk dalam lambung dan juga sebagai tempat untuk mengelurkan zat kasein.
loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Pengertian Dan 6 Fungsi Lambung Manusia