loading...

Pengertian dan 9 Gejala Depresi Yang Mudah Dikenali

loading...

Pengertian Depresi Dan Penyebabnya

Pengertian dan 9 Gejala Depresi Yang Mudah DikenaliDepresi adalah suatu kondisi perasaan (mood) dari seseorang yang mengalami gangguan-gangguan sehingga menyebabkan perasaan atau moody orang tersebut menjadi tidak seimbang dan labil.  Terjadinya ketidak seimbangan dari kondisi perasaan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya faktor sosial dan lingkungan yang dirasa tidak bersahabat atau karena kekhawatiran yang terlalu tinggi dari seseorang akibat menderita kondisi tertentu (penyakit, kesalahan tertentu, beban hidup yang berat).

Baik untuk kasus depresi berat maupun depresi ringan yang terjadi pada seseorang, sebenarnya keduanya bisa diatasi melalui pengobatan medis. Penggunaan obat penenang (anti depresi) sering dilakukan kepada penderita depresi berat, namun hal ini juga berpatokan kepada seberapa berat tingkatan depresi tersebut. Alternatif lain adalah dengan memberikan bimbingan konseling (terapi konseling) kepada penderita depresi atau bahkan penanganannya dengan kombinasi keduanya yaitu memberikan obat antidepresi dan juga bimbingan konseling.

Selain itu, penyebab depresi bisa saja dikarenakan ketidak seimbangan kimiawi dalam otak seseorang. Oleh karena itu, pemberian obat antidepresi tentunya akan mengatasi masalah ketidakseimbangan tersebut, namun pemberian obat ini juga harus berdasarkan anjuran atau resep yang menanganinya. Sedangkan untuk pemberian bimbingan dan konseling pada penderita depresi akan sangat membantu sang pasien terutama dalam hal mengenali, mengidentifikasi dan juga menghentikan sumber fikiran negatif yang kemudian diganti dengan fikiran-fikiran positif dan logis.

Penyebab Depresi

Penyebab Depresi

Baca Juga :

6 Penyebab Utama Sakit Pinggang Dan Cara Mengatasinya

6 Jurus Jitu Dalam Menurunkan Kolestrol Tinggi

8 Cara Ampuh Merawat Gigi Agar Putih dan Sehat

Waspada!! Kenali Tanda dan Gejala Penyakit Stroke Berikut ini!

Gejala-Gejala Depresi Pada Seseorang

Ada 9 gejala depresi yang biasa dialami oleh seseorang penderita depresi dan sangat mudah untuk kita kenali, berikut uraiannya!

gejala depresi

gejala depresi

  1. Terjadinya perubahan nafsu makan dan berat badan pada seseorang.
  2. Terjadinya gangguan pola tidur (bisa tidur berlebihan atau bahkan sangat sulit tidur).
  3. Adanya perasaan sangat bersalah terhadap suatu hal sehingga terus mengganggu di fikiran.
  4. Penurunan tingkat daya ingat atau tingkat konsentrasi seseorang.
  5. Selalu merasa gelisah, malas dan sangat mudah tersinggung terhadap orang lain.
  6. Hilangnya gairah dan semangat hidup.
  7. Malas untuk melakukan aktifitas sehari-hari, pada hal aktifitas tersebut sebelumnya dirasakan sangat menyenangkan.
  8. Adanya gangguang emosional (sering merasa sedih dan menangis).
  9. Adanya keinginan untuk mengakhiri hidup (bunuh diri).

ladyfem

Gejala depresi di atas biasanya dialami oleh seseorang yang menderita gangguan depresi. Biasanya gejala-gejala ini berlangsung hampir setiap hari, bisa selama 24 jam terus menerus atau sampai berminggu-minggu tergantung seberapa cepat orang tersebut mendapatkan penanganannya. Untuk itu, bila mendapati gejala-gejala depresi di atas kiranya dapat segera mengkonsultasikannya kepada tim medis atau jika diperlukan kepada ahli psikolog.

Loading...
loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Pengertian dan 9 Gejala Depresi Yang Mudah Dikenali