loading...

Pengertian Gizi dan Manfaatnya Untuk Tubuh Manusia

loading...

Pengertian Gizi dan Manfaatnya Untuk Tubuh Manusia  – Mendengar kata gizi, pasti kita langsung membayangkan makanan atau minuman dengan segala zat yang dikandungnya dan sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, mineral, protein atau zat lain khususnya dalam rangka menunjang kesehatan tubuh kita sehari-hari.

Memang benar, gizi erat kaitannya dengan zat-zat yang terdapat pada makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Makanan yang kurang atau gizinya tidak seimbang ketika dikonsumsi akan menimbulkan berbagai masalah hingga berakibat menjadi penyakit gangguan gizi pada tubuh manusia itu sendiri.  Lalu, apakah hanya sesederhana itukah pengertian gizi? Kemudian,  seberapa besar manfaatnya bagi tubuh manusia? Nah, untuk mengetahuinya simaklah ulasan berikut ini.

Pengertian Gizi Dalam Kajian Medis

Gizi adalah zat-zat sebagai komponen pembangun tubuh manusia dalam rangka mempertahankan dan memperbaiki jaringan-jaringan agar fungsi tubuh manusia itu sendiri dapat berjalan sebagaimana mestinya. Mengabaikan asupan gizi berarti juga kita membiarkan fungsi-fungsi jaringan tubuh tidak bekerja secara maksimal. Sumber gizi banyak ditemui dalam setiap makanan dan minuman yang telah kita konsumsi selama ini. Sedangkan macam-macam zat yang termasuk dalam gizi adalah sebagai berikut :

  • Air, merupakan bagian terpenting dari setiap sel tubuh yang dapat ditemukan pada hampir semua bahan makanan baik hewani maupun Perlu diketahui pula bahwa dalam struktur tubuh manusia, air merupakan zat yang lebih dominan sebagai pembangun struktur tubuh itu sendiri.
  • Karbohidrat, yaitu za gizi yang terbentuk dari unsur karbon, Oksigen, dan Hydrogen.
  • Mineral, yaitu senyawa berbagai garam mineral atau juga terdapat sebagai unsure bebas.
  • Vitamin, yaitu berupa senyawa organik yang funngsinya menyerupai fungsi Hormon.
  • Protein yang terbentuk dari senyawa selain karbon, Oksigen, dan Hydrogen yang juga menngandung unsur Nitrogen.
  • Lipida atau lemak yang terbentuk dari rantai karbon , Oksigen, dan Hydrogen pada proses metabolism tubuh.

Makanan Bergizi

Sesuai dengan pengertian gizi yang sudah dijelaskan sebelumnya, zat-zat di atas merupakan pembangun tubuh yang mana masing-masing zat tersebut memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Perlu menjadi catatan pula bagi kita bahwa semua zat tersebut harus ada di dalam tubuh manusia dengan kadar yang seimbang atau sesuai kebutuhan tubuh manusia itu sendiri. Segala sesuatu yang berlebihan pasti  akan buruk akibatnya, begitu pula dengan zat-zat yang termasuk dalam gizi ini. Misalnya saja kadar zat lipida atau lemak yang berlebih pada tubuh manusia akan berakibat masalah kegemukan hingga berakibat pada penyakit kronis lainnya pada tubuh manusia.

Manfaat Gizi Untuk Tubuh Manusia

Bagaimana sebenarnya manfaat gizi untuk tubuh manusia? Nah, dalam kesempatan ini ada beberapa poin penting yang menjadi manfaat gizi bagi tubuh manusia, diantaranya adalah :

  • Sebagai penghasil energi tubuh, sebagian zat-zat pada makanan yang kita konsumsi oleh sistem pencernaan organ tubuh akan akan diolah hingga menghasilkan energy. Energy inilah yang kemudian membantu manusia untuk bisa melakukan berbagai aktifitasnya sehari-hari. Apa saja zat-zat penghasil energy tersebut? Zat sebagai pembentuk energy tubuh adalah karbohidrat, protein dan juga lipida atau lemak.
  • Sebagai pembentuk sel jaringan tubuh, yang mana zat gizi yang termasuk untuk membentuk ini adalah air, mineral dan protein. Dalam hal pembentukan sel jaringan tubuh ketiga zat tersebut secara bersama-sama diolah oleh organ tubuh hingga kemudian terbentuk lah sel jaringan tubuh baru terutama sebagai pengganti jaringan yang sudah rusak atau tidak berfungsi lagi.
  • Sebagi pengatur fungsi dari reaksi biokimia dalam tubuh (stimulansia), agar fungsi dan reaksi biokimia dalam tubuh dapat berjalan dengan cepat dan baik maka tubuh membutuhkan zat-zat sebagai stimulansia (perangsang dan pengatur) dalam proses tersebut. Zat vitamin lah yang membantu proses reaksi biokimia dalam tubuh hingga dapat berjalan dengan baik, nah vitamin ini tentu saja terdapat dalam setiap makanan yang telah kita konsumsi.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai pengertian gizi, zat-zat yang termasuk dalam gizi serta manfaat dan kegunaan gizi untuk tubuh, mudah-mudahan dengan sedikit penjelasan ini dapat membuka mata kita untuk mengetahui betapa pentingnya gizi dalam tubuh manusia sehingga kemudian kita semua akan tergugah untuk selalu memperhatikan setiap makanan yang kita konsumsi terutama mengenai kandungan gizi yang terdapat pada makanan tersebut sebelum benar-benar kita putuskan untuk dikonsumsi.


ladyfem

Baca juga Artikel Lainnya :

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Pengertian Gizi dan Manfaatnya Untuk Tubuh Manusia