loading...

Penyakit Anemia Defisiensi Pada Anak, Kenali Gejala dan Penyebabnya!

loading...

Penyakit Anemia Defisiensi Pada Anak, Kenali Gejala dan Penyebabnya! – Penyakit anemia atau  kondisi tubuh kurang darah adalah penyakit yang ditimbulkan akibat kadar Hb yang kurang dari normal pada seseorang sesuai dengan kondisi usianya. Sementara itu, penyakit anemia defisiensi besi (ADB) adalah kondisi kurang darah yang disebabkan kurangnya zat besi dalam tubuh seseorang. Zat besi digunakan sebagai komponen pembentuk sel darah. Oleh karena itu, jika tubuh kekurangan zat besi maka proses pembentukan sel darah pun akan terganggu. Pada anak, ADB dapat disebabkan pertumbuhan yang cepat namun asupan atau cadangan besi kurang. ADB merupakan jenis anemia yang sering terjadi, terutama di negara yang sedang berkembang seperti Indonesia saat inis.

Anemia pada anak

Anemia pada anak

Anak Yang Bagaimana Rentan Terkena Anemia Defisiensi Besi?

Sebenarnya setiap anak dapat saja berpotensi terkena penyakit anemia defisiensi, hal ini tergantung sejauh mana orang tua tersebut merawat dan menjaga kesehatan anak itu sendiri. Orang tua yang bijak akan selalu memperhatikan kondisi kesehatan anaknya baik itu sejak dalam kandungan, lahir atau masa pertumbuhan anak itu sendiri. Berikut merupakan kondisi umum bagi seorang anak yang berpotensi terkena penyakit anemia defisiensi besi :

  1. Anak yang menderita penyakit tertentu, misalnya infeksi kronis.
  2. Bayi yang lahir dengan berat badan lebih kecil atau lahir sebelum waktunya.
  3. Bayi yang tidak mendapatkan makanan pendamping ASI (MP-ASI) yang kaya zat besi.
  4. Bayi yang mengkonsumsi susu sapi sebelum berusia 1 tahun.
  5. Bayi yang mengkonsumsi susu formula dengan kadar zat besi kurang.
  6. Konsumsi susu yang berlebih sehingga anak malas makan

Baca Juga :

Penyakit Pertusis Pada Anak : Cara Pencegahan, Gejala Dan Pengobatannya

Penyebab, Gejala, Cara Pencegahan Penyakit Tuberkulosis (TBC) Pada Anak

Faktor Penyabab Penyakit Anemia Defisiensi Besi Pada Anak

Faktor- faktor pemicu terjadinya anemia, antara lain:

  1. Kurang asupan makanan yang mengandung zat besi.
  2. Ganguan dalam pematangan sel darah merah.
  3. Ganguan pada sumsum tulang.
  4. Ganguan pada usus, misalnya pada kasus cacingan.
  5. Penigkatan kebutuhan zat besi, misalnya akibat pertumbuhan yang cepat pada anak.
  6. Lahir dari ibu yang anemia

Berikut Adalah Tahapan Terjadinya Anemia Defisiensi Besi, Yaitu:

  1. Stadium deplesi besi. Pada stadium ini terjadi penurunan cadangan besi, namun kadar besi di dalam plasma darah maupun hemoglobin masih normal.
  2. Stadium defisiensi besi. Pada stadium ini, cadangan besi dan besi yang ada dalam plasma darah sudah berkurang namun kadar Hb masih normal. Kekurangan besi dalam otak terjadi pada tahapan ini, di mana kadar Hb masih normal.
  3. Anemia defisiensi besi. Kadar besi dan Hb menurun. Selain itu, juga terjadi penurunan kadar MCV, MCH, MCHC, dan kadar feritin.

 Gejala Penyakit Anemia Defisiensi Besi Pada Anak

Gejala penyakit anemia defisiensi besi pada anak secara umum bisa berupa mudah lelah, lemas, pucat, tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas atau sekolah, napas lebih pendek, mudah terkena infeksi dan jantung yang berdebar- debar.

Namun, ada juga anemia yang tidak menimbulkan gejala. ADB merupaka jenis anemia yang paling sering terjadi pada bayi dan anak, terutama di negara berkembang dan pada keluarga dengan status ekonomi yang kurang. ADB dapat menyebabkan permukaan kuku yang kasar, mudah patah dan terkelupas. Kadang- kadang bentuk kuku seperti sendok (spoon-shaped nails).


ladyfem

Selain itu permukaan lidah dapat menjadi rata akibat hilangnya papil lidah untuk sebuah kasus penyakit ADB kondisi berat. Sedangkan gejala akibat terjadinya deplesi besi maupun defisiensi besi tidak spesifik. Diagnosis tersebut biasanya dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium. Untuk itu, bila mendapat anak mengalami gejala penyakit anemia defisiensi besi seperti di atas, sebaiknya segera periksakan sang anak kepada dokter keluarga anda agar bisa mendapat pertolongan secara medis untuk mengobati penyakit anemia defisiensi besi pada sang anak.

Loading...
loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Penyakit Anemia Defisiensi Pada Anak, Kenali Gejala dan Penyebabnya!