Penyakit Common Cold Pada Anak : Gejala, Asuhan Keperawatan (Askep) Dan Penanganannya

loading...
loading...

Penyakit Common Cold Pada Anak : Gejala, Asuhan Keperawatan (Askep) Dan Penanganannyaseorang anak sangat rentan terserang penyakit common cold (batuk dan pilek biasa). Hal ini disebabkan daya tahan tubuh seorang anak belum terlalu kuat atau masih rentan terhadap pergantian cuaca maupun cuaca ekstrim yang biasa datang silih berganti sebagaimana tidak selayaknya daya tahan tubuh yang dimiliki orang dewasa.

Penyakit common cold pada anak terjadi karena adanya   infeksi virus pada selaput hidung dan sinus pada sang anak. Penyakit common cold bukan tergolong penyakit yang berbahaya dan bila daya tahan tubuh sang anak telah membaik maka penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus diberikan obat antibiotik. Namun demikian, gejala yang dialami sang anak bila terkena penyakit common cold dan bila hal itu dibiarkan saja tentunya dapat menyiksa sang anak itu sendiri. Ada beberapa gejala penyakit common cold yang biasanya diderita seorang anak bila terkena penyakit batuk pilek biasa ini, berikut penjelasannya!

Baca Juga : 

6 Macam Tes Pemeriksaan Alergi Pada Anak

6 Faktor Penyebab Gangguan Gizi Buruk Pada Bayi Dan Anak

Penyebab Utama dan Gejala Obesitas (Kegemukan) Pada Anak Serta Cara Mencegahnya

Ibu Hamil Dan Menyusui Wajib Tahu, Inilah Manfaat Luar Biasa ASI Eksklusif Bagi Bayi Anda

 

Tanda Dan Gejala Penyakit Common Cold Pada Anak

 batuk dan pilek biasa

batuk dan pilek biasa

Untuk tanda dan gejala terjadinya penyakit common cold yang menyerang pada anak-anak, secara umum dapat dikenali dengan melihat gejala berikut :

  1. Anak bernafas dengan cepat.
  2. Anak malas menyusu, kurang minum, atau muntah sehingga asupan cairan kurang.
  3. Anak menderita demam 3 hari dengan suhu diatas 33,5°C
  4. Adanya keluhan nyeri telinga atau nyeri dada pada anak.
  5. Tarikan dan hembusan nafas anak terdengar kasar.
  6. Batuk tidak kunjung berhenti lebih dari 5 hari
  7. Keluar lendir dari hidung atau dahak kehijauan atau abu-abu
  8. Bibir anak pucat/kebiruan. Nah, bila ditemukan tanda dan gejala tersebut, sebaiknya segera bawalah anak anda ke kedokter untuk memastikan dan mendapat penanganan secepatnya.

 

Seputar Asuhan Keperawatan (Askep) Penyakit Common Cold Pada Anak

Asuhan Keperawatan adalah suatu proses atau  tindakan dalam praktik keperawatan medis yang diberikan secara langsung seorang anak yang menderita penyakit common cold. Tindakan ini adalah berdasarkan pada kaidah-kaidah ilmu keperawatan dalam menangani seorang anak yang menderita penyakit common cold. Berikut merupakan beberapa asuhan keperawatan yang harus dilakukan apa bila menangani seorang pasien yang menderita common cold khususnya pada anak-anak:

  1. Keluhan hidung tersumbat pada anak dapat dikurangi dengan penggunaan tetes hidung garam fisiologis (natrium clorida), cara ini aman asal dengan takaran yang sesuai tidak berlebihan.
  2. Penderita penyakit common cold tidak direkomendasikan untuk diberi antibiotik. Pilek pada anak penderita common cold biasanya ditandai dengan keluarnya lendir jernih dari hidung. meskipun kemudian lender berubah menjadi kental dan kekuningan, hal tersebut bukan pertanda kalau anak perlu diberi antibiotik.
obat antibiotik

obat antibiotik

  1. Jangan memberi obat yang dijual bebas dipasaran untuk mengobati batuk dan pilek pada anak, terutama untuk anak dibawah usia 6 tahun. Kebanyakan obat batuk pilek yang di jual bebas di pasaran mengandung antituve, antihistamin, decongestan, dan ekspectoran. efek samping yang ditimbulkan obat ini antara lain alergi dan mengantuk.

 

Cara Penanganan Penyakit Common Cold Pada Anak Bagi Para Orang Tua


ladyfem

Bagi Anda para orang tua yang mendapati anaknya terserang penyakit common cold, ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan sebagai penanganan penyakit ini agar tidak semakin para dan membahayakan sang anak. Berikut adalah beberapa cara penanganan penyakit common cold pada anak yang dapat dilakukan :

Penanganan Penyakit Common Cold Pada Anak

Penanganan Penyakit Common Cold Pada Anak

  1. Bila anak menderita demam dengan suhu 380C, berikan paracetamol. Segera bawa ke dokter bila dalam 3 hari demam tidak kunjung reda atau demam semakin
  2. Usahakan agar anak dapat makan teratur dan memperoleh istirahat yang cukup.
  3. Beri asupan cairan yang cukup serta minum air hangat.
  4. gejala common cold dapat dikurangi dengan cara tradisional misalnya dengan minum teh yang dicampur dengan lemon/jeruk nipis dan madu. Cara ini aman untuk anak untuk mengurangi keluhan batuk dan nyeri di tenggorokan.
  5. Bila hidung berlendir, sebaiknya dibersihkan dengan lap basah yang diplintir seperti bentuk sumbu. Hal ini agar meringankan gejala hidung tersumbat yang membuat anak merasa tidak nyaman.
  6. Tidak dianjurkan memberikan obat batuk pilek yang dijual bebas di pasaran serta antibiotik tanpa resep dokter karena dikhawatirkan menimbulkan resistensi antibiotik pada anak
  7. Jika ditemukan tanda bahaya segera bawa ke dokter.
  8. Ajarkan anak untuk mencegah penyebaran virus: misalnya menutup mulutnya dengan tisu/sapu tangan ketika batuk atau bersin dan mencuci tangan dengan sabun setelahnya.
loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Penyakit Common Cold Pada Anak : Gejala, Asuhan Keperawatan (Askep) Dan Penanganannya