loading...

Penyakit Comon Cold Pada Anak: Cara Penularan, Gejala dan Pencegahannya

loading...

Penyakit Comon Cold Pada Anak: Cara Penularan, Gejala dan Pencegahannya – Bila musim hujan telah datang, para orang tua perlu waspada terhadap serangan batuk pilek biasa (common cold) pada anak. Walaupun penyakit ini tidak mesti menyerang pada musim hujan saja, namun saat musim hujan datang, biasanya daya tahan tubuh seorang bayi atau anak menjadi rentan dan mudah terserang penyakit batuk dan pilek.

Walaupun penyakit ini tergolong tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan pemberian anti biotik atau pun tidak, namun bila dibiarkan terus menerus tentu saja dapat menyiksa sang anak bahkan berpotensi terhadap infeksi yang lebih serius lagi. Lalu, apa sebenarnya penyakit common cold (batuk pilek biasa) ini? Berikut penjelasan caramedis.com mengenai cara penularan, gejala dan cara pencegahan penyakit common cold pada bayi dan anak.

Mengenal Penyakit Common Cold pada Bayi dan Anak Serta Cara Penularannya

Common Cold (batuk pilek biasa, selesma) adalah suatu infeksi virus pada selaput hidung dan sinus.  Common cold atau disebut juga batuk dan pilek biasa adalah salah satu penyakit yang umum terjadi pada bayi dan anak. Selain pilek, gejala batuk dan demam pada anak perlu diwaspadai pula oleh orang tua bisa jadi hal tersebut merupakan gejala common cold. Dalam setahun penyakit batuk dan pilek pada anak ini dapat menyerang sebanyak 3-10 kali, tergantung kondisi dan daya tahan tubuh sang bayi dan anak. Meski penyakit ini sangat sering menyerang, common cold termasuk penyakit yang bisa sembuh tanpa perlu pemberian obat antibiotik. Virus penyebab common cold, antara lain: Nonpolioenteroviruses, Respiratory syncytial virus, Rhinoviruses, Coronaviruses, Parainfluenzaviruses,  Adenoviruses, Influenzaviruses, dan Reoviruses. Meski dapat sembuh dengan sendirinya, batuk dan pilek serta demam pada bayi dan anak tetap perlu diwaspadai terutama bila sering terjadi dan dalam waktu lama, apalagi jika penyebabnya Respiratory syncytial virus. Virus jenis ini dapat menyebabkan penyakit yang lebih berbahaya seperti pneumonia, bronchiolitis, dan croup.

Penyebaran virus common cold paling cepat melalui udara saat penderita batuk  atau bersin. Selain itu penyebaran batuk pilek pada anak dan bayi terjadi melalui kontak penderita common cold (mengusap hidung,mulut,atau mata) dengan anak lain ( dengan kondisi yang menurun).

Mengenali Gejala Common Cold Pada Anak

Selain batuk, common cold dapat ditandai dengan gejala seperti berikut:

  1. Demam dengan suhu badan masih dibawah 39oc
  2. Hidung tersumbat, berair atau berlendir.
  3. Sakit Tenggorokan.
  4. Pembengkakan kelenjar getah bening (bawah rahang).
  5. Sakit
  6. Nyeri pada otot dan sendi.
  7. Terlihat mata menjadi merah
  8. Berkurangnya nafsu makan pada anak.
batuk pilek pada anak

batuk pilek pada anak

Cara Pencegahan Common Cold Pada Anak

Antibodi yang terbentuk dalam tubuh seseorang akan menurun setelah beberapa waktu dan virus penyebab common cold  jumlahnya sangat banyak, karena itu orang sering kali terserang batuk/pilek sepanjang hidupnya. Hingga saat ini belum ditemukan vaksin yang efektif untuk setiap jenis virus pernafasan termasuk batuk dan demam pada anak. Karenanya, cara pencegahan yang efektif pada anak  adalah :

  1. Memberi ASI eksklusif pada anak selama 6 bulan dan melanjutkan hingga 2 tahun.
  2. Menjaga kondisi daya tahan tubuh, istirahat cukup dan makanan
  3. Memberikan anak asupan nutrisi yang cukup.
  4. Menghindari kontak dengan penderita common cold.
  5. Selalu menjaga kebersihan anak, misalnya selalu mencuci tangan mereka dengan sabun.

ladyfem

Demikian sedikit penjelasan mengenai penyakit common cold (batuk plek biasa) pada anak, semoga bisa menambah pengetahuan kita semua khususnya para orang tua agar kira dapat selalu menjaga sang buah hati agar tidak terserang penyakit common cold atau batuk pilek biasa ini.

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Penyakit Comon Cold Pada Anak: Cara Penularan, Gejala dan Pencegahannya