loading...

Penyakit Maag (Gastritis) : Seputar Gejala, Pengobatan dan Pencegahan Terbaik

loading...

Penyakit Maag (Gastritis) : Seputar Gejala, Pengobatan dan Pencegahan TerbaikGasritis atau yang secara umum dikenal dengan sakit “ maag “ atau sakit ulu hati ialah peradangan pada dinding lambung, terutama pada selaput lendir lambung. Gastritis merupakan gangguan yang paling sering ditemui diklinik karena diaknosisnnya hanya berdasarkan gejala klinis. Keadaan ini dapat diakibatkan dari makanan yang dapat mengiritasi mukosa lambung, pengeluaran mukosa lambung yang berlebihan oleh secret lambung, sendiri dan kadang-kadang kerena peradangan bakteri. Kondisi lainnya yang sering menimbulkan gastritis adalah iritasi atau penipisan selaput lambung akibat konsumsi minuman berakohol.

Penyakit ini sering timbul secara mendadak yang biasanya ditandai dengan rasa mual dan muntah,  nyeri, perdarahan, rasa lemah, nafsu makan menunun, atau sakit kepala. Ini dapat disebabkan karena kebiasaan mengonsumsi sesuatu jenis makanan yang sensitif bagi orang tersebut, makan terlalu cepat, atau makan dengan gangguan emosional.

Penyakit Maag (Gastritis) Akut

Gastritis akut ialah inflamasi akut dari lambung, biasanya terbatas pada mukosa.Gastritis akut dapat dibagi men­jadi 2 garis besar yaitu gastritis eksogen akut dan gastritis endogen akut. Gastritis eksogen akut biasanya disebabkan oleh faktor-faktor dari luar, seperti bahan kimia, oleh termis, mekanis iritasi bakterial.Sedangkan gastritis endogen akut adalah gastritis yang disebabkan oleh kelainan tubuh.

Faktor-faktor yang menyebabkan gagritis erosive adalah:

  • Iskemia pada mukosa gaster,
  • Factor pepsin,
  • Refluks empedu, dan
  • Cairan prankeas.

Gambaran gagritis akut erosive sangat bervariasi, mulai dari yang sangat ringan asimtomatik sampai yangs sangatberat yang bias berdampaak kaematian. Pada kasus yang sangat berat,gejala yang sangat mencolok adalah hematimatis dan melena yang dapat berlangsung sangat hebat dan terjadi renjatan karena kehilangan darah. Pada sebagian besar kasus, gejala amat ringan, bahkan Asimtomatis.  Keluhan-keluhan itu, misalnya nyeri timbul pada ulu hati, biasanya ringan dan tidak dapat ditunjuk dengan tepat lokasinya dan kadang-kadang disertai mual serta muntah.

Pengobatan sebaiknya meliputi pencegahan terhadap setiap pasien dengan risiko tinggi, pengobatan terhadap penyakit yang mendasari, dan menghentikan obat yang dapat menjadi kausa dan pengobatan suportif. Pencegahan dapat dilakukan dengan pemberian antasida atau antagonis H2 sehingga dicapai pH lambung  >4. Untuk pengguna aspirin, pencegahan yang terbaik adalah dengan miso­prostol.

Pemberian antasida, antagonis H2, dan sukralfat tetap dianjurkan walaupun efek terapeutiknya masih diragu­kan. Pada sebagian kecil pasien perlu dilakukan tindakan yang bersifat invasif untuk menghentikan perdarahan yang mengancam jiwa, misalnya dengan endoskopi sklerote­rapi, embolisasi arteri gastrika kiri, atau gastrektomi.

Penyakit Maag (Gastritis) Kronis

Gastritis kronis ialah lambung yang mungkin mengalam inflamasi kronis dari tipe tertentu sehingga meyebabkan gastritis dari tipe yang spesifik. Gastritis kronis di­klasifikasikan menjadi tiga. Infeksi kuman H, Licobacter Pylori merupakan penyebab gastritis yang termasuk da­lam kelompok gastritis kronis. Di sebut gastritis kronis bila infiltrasi sel radang yang terjadi pada lamina propria, daerah epitelial, atau pada kedua daerah tersebut terutama terdiri atas limfosit dan sel plasma. Kehadiran granulosit netrofil pada daerah tersebut, menandakan peningkatan aktivitas gastritis kronis.

Baca Juga :

Penyebab dan Gejala Penyakit Hipertensi Yang Harus Anda Waspadai

Penyakit Asma: Pengobatan Medis dan Tradisonal Serta Tindakan Yang Harus Cepat Dilakukan

Gejala-gejala Penyakit Maag (Gastritis) Pada Seseorang

Gejala Penyakit Maag

Gejala Penyakit Maag

  • Bersendawa atau cegukarn
  • Tenggorokan panas
  • Mual, perut terasa diremas-remas.
  • Muntah
  • Tidak nafsu makan
  • Sering keluar keringat dingin.
  • Penurunan berat badan
  • Perut bagian atas terasa tidak nyaman
  • Lambung merasa penuh
  • Cepat kenyang
  • Perut keroncongan atau sering berbunyi.
  • Nyeri di ulu hati disertai mual

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Maag (Gastritis)

Cara terbaik untuk mengatasi maag (gastritis) adalah dengan melakukan pencegahan penyakit maag itu sendiri. Pencegahan dilakukan dengan memerhati­kan pola makan dan zat-zat makanan yang dikonsumsi. Gastritis ini merupakan penyakit pencernaan sehingga pengaturan terhadap zat makanan yang masuk merupa­kan faktor utama untuk menghindari gastritis. Seperti ti­dak menggunakan obat-obat yang mengiritasi lambung, makan teratur atau tidak terlalu cepat, mengurangi makan makanan yang terlalu pedas dan berminyak, hindari merokok dan banyak minum kopi/alkohol, kurangi stres. Stres merupakan salah satu pemicu munculnya penyakit ini. Oleh karena itu, penting istirahat yang cukup dan re­laksasi pikiran untuk memulihkan keadaan yang stres fisik maupun stres mental.

Mengurangi makan makanan yang merangsang pe­ngeluaran asam lambung, seperti makanan berbumbu pe­das, cuka, dan lada yang berlebihan. Beberapa jenis makanan yang telah diketahui mernberikan rangsangan yang kurang enak terhadap perut juga harus dihindari. Namun, yang patut diketahui, keadaan ini sangat berbeda pada setiap orang. Setiap orang harus mengetahui makanan apa yang dapat menimbulkan rasa tidak enak ini. Tinggallah di lingkungan yang tidak padat penduduknya dan juga bersih karena hal itu akan memper kecil kemungkinan terkena infeksi bakteri. Hal ini akan memperkecil kemungkinan infeksi bakteri penyebab gastritis kronik.


ladyfem

Obat-obatan yang biasanya diberikan dokter bertujuan untuk mengembalikan keseimbangan asam dalam lambung, baik berupa obat yang menetralkan asam lambung, seperti antasida, atau yang mengurangi produksi dari asam lambung yang ada, seperti cimetidine atau ranitidine, untuk itu sudah selayaknya setiap orang perlu mewaspadai penyakit maag (gastritis) dengan cara melakukan pencegahan sedini mungkin.

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Penyakit Maag (Gastritis) : Seputar Gejala, Pengobatan dan Pencegahan Terbaik