Ini Dia Penyebab Air Ketuban Pecah Dini

Nov 14 2016 - 2:10pm
loading...

Air ketuban pecah dini adalah sebuah kondisi dimana air ketuban akan pecah sebelum waktunya. Saat hal ini terjadi, maka kondisi janin dalam kandungan pun akan mengalami kondisi yang mengkhawatirkan. Pasalnya, dengan berkurangnya air ketuban, maka keselamatan janin dalam kandungan pun akan berkurang dan berbahaya.

Bukan hanya itu, jika kondisi ini sudah terlalu parah dan usia kandungan sudah mencapai 37 minggu, maka pilihan terbaik adalah dengan melahirkan bayi tersebut dalam keadaan prematur. Jika hal ini terjadi, tentu saja akan berbahaya untuk bayi itu sendiri. Tapi terlepas daripada itu, tahukah Anda apa yang menyebabkan air ketuban itu pecah sebelum waktunya?

Inilah Penyebab Air Ketuban Pecah Dini

Pada dasarnya, air ketuban ini pecah karena beberapa sebab. Nah, adapun penyebab yang dimaksud adalah:

  • Adanya infeksi

Kendati belum terbukti secara medis, namun banyak orang yang beranggapan bahwa pecahnya air ketuban sebelum waktu normal itu sebebabkan karena adanya infeksi. Dimana saat terjadi infeksi, keadaan selaput ketuban menjadi semakin tipis dan mudah pecah.

  • Faktor kecelakaan

Faktor yang satu ini adalah penyebab yang paling sering kitab temui. Pasalnya, saat terjadi kecelakaan dan goncangan hebat, ibu hamil umumnya akan mengalami pendarahaan dan disertai dengan air ketuban pecah dini.

  • Tipisnya selaput ketuban

Kondisi selaput yang tipis umumnya tidak akan kuat dengan goncangan dan gesekan dari luar. Pasalnya, dengan kondisi seperti ini, selaput bisa saja pecah dan menumpahkan air ketuban dalam kandungan.

  • Terjadinya pendarahan

Pendarahan saat proses kehamilan umumnya akan menimbulkan resiko pecahnya air ketuban. Maka dari itu, hal seperti haruslah dihindari ibu hamil dari mulai trimester pertama sampai terakhir.

  •  Efek kehamilan kembar

Saat kehamilan kembar ini terjadi, maka resiko pecahnya air ketuban sangatlah tinggi. Pasalnya, proses kehamilan kembar ini terjadi, ketuban dalam rahim ibu umumnya akan terdorong kesana kemari. Dengan begitu, maka resiko air ketuban pecah dini pada kehamilan kembar akan jauh lebih besar ketimbang kandungan dengan satu janin saja.

Oya, perlu Anda ketahui, selain kelima penyebab diatas, ada beberapa penyebab lain, seperti:

  1. Tidak menjaga kebersihan di area kewanitaan.
  2. Memiliki riwayat ketuban pecah dini di masa yang lalu.
  3. Terjangkit bakteri.
  4. Perbedaan nilai keasaman pada ala kelamin wanita.
  5. Kenaikan hormon Corticotropin Releasing Hormon

Perlu Anda ketahui, 10 penyebab air ketuban pecah dini diatas pada dasarnya belum terbukti secara medis. Tapi, perlu Anda ingat, penyebab pecahnya ketuban sendiri sampai sekarang belum diketahui secara medis dan ilmiah. Adapun 10 penyebab diatas adalah penyebab yang paling sering ditemui dilapangan, dan menjadi rujukan tersendiri saat kondisi pecahnya ketuban ini terjadi. Semoga bermanfaat ….

loading...

Baca Juga :

Baca Juga