loading...

Penyebab dan Gejala Penyakit Hipertensi Yang Harus Anda Waspadai

loading...

Apa Itu Penyakit Hipertensi?

Penyebab dan Gejala Penyakit Hipertensi Yang Harus Anda Waspadai – Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kon­disi medis saat tekanan darah pada arteri seseorang meningkat me­lebihi batas normal. Tekanan darah menunjukkan tingkat kekuatan dorongan darah pada permukaan pembuluh darah arteri saat darah dipompa oleh jantung. Tekanan darah yang di ukuran ditunjukkan dengan angka, misalnya 120/80 mmHg. Nilai 120 menunjuskkan tekanan pada pembuluh arteri ketika jantung berkontraksi, dinamakan sistolik. Nilai 80 menunjukkan tekanan darah relaksasi, disebut tekanan diastolik. Tekanan pada pembuluh darah arteri disebabkan oleh pemompaan untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuha oleh jantung. Tubuh kita membutuhkan oksigen dan nu­trisi. Mereka disalurkan oleh darah melalui jaringan pem­buluh darah memasuki sel-sel tubuh kita. Jantung kita tidak hanya memompa darah secara terus-menerus, tetapi juga mengumpulkan kembali darah yang sudah terpakai dari seluruh bagian tubuh,  kemudian dipompa kembali ke seluruh tubuh kita.

Faktor Penyebab Hipertensi Pada Seseorang

Ada banyak faktor yang memengaruhi tekanan darah pada seseorang, antara lain aktivitas kerja, waktu is­tirahat (tidur), stress, posisi tubuh, kondisi pernapasan, olahraga, dan makanan. Keadaan tekanan darah paling rendah ketika tidur dan tertinggl. ketika beraktivitas be­rat atau adanya stres. Perubahan tekanan darah yang di­pengaruhi oleh banyak faktor mengharuskan pengukuran yang berulang-ulang agar mendapatkan nilai yang tepat. Pengukuran sekali tidak dapat dijadikan landasan untuk menentukan kondisi seseorang. Penting diperhatikan, sebelum melakukan pengukuran tekanan darah, jangan beraktivitas yang di luar kebiasaan, seperti kerja lembur. Sehingga pengukuran terbaik, jika tubuh dalam kondisi cukup istira­hat, aktivitas seperti biasa, dan pola makan seperti kebiasaan sehari-hari. Hal ini juga menunjukkan tingkat kualitas kesehatan dari pola hidup yang telah kita jalani.

Gejala Terjadinya Hipertensi

  1. Sering pusing kepala
  2. Gampang marah
  3. Sulit tidur an sering gelisah
  4. Sesak napas
  5. Leher belakang sering kaku
  6. Gangguan penglihatan dan
  7. Sulit berkonsentrasi
Penyakit Hipertensi

Penyakit Hipertensi

Tindakan dan Pengobatan Penyakit Hipertensi

  • Jangan merokok dan mimum alkohol
  • Diet rendah garam dan rendah lemak
  • Latihak olahraga secara teratur (olahraga akan mengurangi stress, membantu menurunkan berat badan, membakar lebih banyak lemak darah, dan membuat jantung lebih kuat)
  • Istirahat bila tegang atau lelah, lakukan latihan penlemasan otot
  • Bila dokter member resep, minumlah obat secara teratur sesuai petunjuk dokter (jangan berhenti minum obat atas inisiatif sendiri)
  • Periksa ke dokter secara teratur untuk mengetahui apakah tekanan darah terkontrol engan baik, sehingga akan mencegah timbulnya komplikasi.

Anjuran Penggunaan Obat Hipertensi Menurut Resep Dokter

Penggunaan obat pasaran umumnya telah dicantumkan mengenai indikasi, kontraindikasi, dan dosis. Penggunaan dalam pengobatan penyakit-penyakit kronis walaupun telah dicantumkan mengenai dosis dalam label obat, perlu mendapatkan petunjuk dokter. Hal ini dilakukan karena tingkatan penyakit yang diderita serta kemungkinan komplikasi akibat penyakit kronis dapat berubah dan kadar obat yang tepat sangat penting agar menghasilkan pengaruh yang nyata. Hal ini juga dilakukan untuk menghindari efek samping obat yang mungkin memberi dampak buruk terhadap komplikasi yang terjadi.

Artikel Terkait : Manfaat, Efek Samping dan Dosis Amoxicillin 500mg


ladyfem

Hipertensi dapat dikendalikan dengan memahami faktor-faktor risiko dan pengendalian yang tepat agar tidak memicu munculnya penyakit ini. Kondisi-kondisi yang merupakan faktor risiko terjadinya meliputi faktor fisik, lingkungan dan pengaruh stress.

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Penyebab dan Gejala Penyakit Hipertensi Yang Harus Anda Waspadai