Penyebab Dan Gejala Penyakit Meningitis Pada Anak

loading...

Mengenal Penyakit Meningitis Pada Anak

Penyakit meningitis adalah penyakit berupa infeksi pada selaput otak dan menyebabkan selaput otak itu sendiri mengalami peradangan.  Pada anak-anak dan bayi yang terkena penyakit meningitis secara umum sering terjadi pada anak dan bayi yang terdiagnosa positif menderita  Virus HIV. Sebagai penyakit yang tergolong berbahaya, penyakit meningitis harus mendapat menanganan yang cepat dan tepat. Hal ini disebabkan penyakit meningitis atau rada selaput otak sangat berdekatan dengan tulang belakang dan otak kecil yang mana bila dibiarkan secara terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada sistem gerak, sistem berfikir hingga berujung pada kematian.

 

Apakah Penyakit Meningitis Menular?

apakah penyakit meningitis menular

apakah penyakit meningitis menular

Benarkah penyakit meningitis menular? Itulah pertanyaan yang sering dilontarkan untuk penyakit radang selaput otak ini. Jawabannya adalah tergantung, bila penyakit tersebut pemicunya adalah virus dan bakteri maka dapat menular ke orang lain melalui air liur dan makanan dari sang penderita awal. Namun, untuk penyakit meningitis yang pemicunya adalah jamur maka banyak pakar kesehatan meragukan hal tersebut. Untuk itu, dalam hal memastikan penyakit meningitis pada seorang penderita menular atau tidak, maka memastikan pemicu yang sebenarnya penyakit tersebut adalah hal utama yang harus dilakukan.

 

Penyebab Utama Penyakit Meningitis Pada Anak

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penyebab utama penyakit meningitis adalah jamur, bakteri dan virus. Selain itu, beberapa kasus meningitis pada bayi dan anak dapat terjadi akibat adanya virus HIV yang bisa saja dibawa oleh sang ibu yang sudah mengidap virus itu terlebih dahulu. Proses masuknya mikroorganisme penyebab penyakit meningitis sampai ke selaput otak dapat saja melalui proses luka fisik dan konsumsi obat tertentu pada seorang penderita yang kemudian masuk ke aliran darah hingga mencapai cairan otak.

penyebab utama penyakit meningitis

penyebab utama penyakit meningitis

Perlu diketahui pula bahwa,  bakteri penyebab penyakit tuberkulosis dapat juga menjadi penyebab penyakit meningitis pada anak. Penyakit meningitis pada anak yang menderita  tuberkulosis (TB) biasanya memiliki gejala TB itu sendiri dan disertai dengan gangguan kesadaran.

 

Apa Saja Gejala Penyakit Meningitis Pada Anak?

Penyakit meningitis pada anak ditandai dengan gejala seperti, tanda meningeal, gejala demam, kejang, sering rewel, malas minum dan muntah. Pada tingkat serius, penyakit meningitis pada anak menyebabkan gangguan kesadaran pada anak itu sendiri. Untuk itu, bagi para orang tua yang mendapati bayi atau anak-anak memiliki gejala seperti di atas, jangan pernah sedikitpun menyepelekannya. Segera membawa bayi  atau anak ke dokter adalah pilihan tepat, hal ini untuk maksud agar sang bayi dan anak segera mendapatkan penanganan medis bila mereka memang benar-benar terinfeksi penyakit meningitis.

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Penyebab Dan Gejala Penyakit Meningitis Pada Anak