4 Penyebab Keluar Flek Saat Hamil Muda

loading...

Flek saat hamil muda adalah kondisi dimana ibu hamil akan mengalami pendarahan yang ringan. Umumnya, kondisi ini adalah satu dari beberapa tanda kehamilan. Tapi disisi lain, hal ini juga merupakan akibat dari aktivitas reprouksi wanita itu sendiri. Tapi yang jelas, jika kondisi ini terjadi, hal yang pertama harus dilakukan adalah melakukan konsultasi pada dokter kandungan.

Oya, flek atau pendarahan ini juga harus Anda waspadai. Memang benar, pendarahan ringan memang tidak terlalu berbahaya untuk kesehatan ibu dan janin. Akan tetapi, bila pendarahan ini berlangsung dengan volume dan intensitas yang tinggi, maka besar kemungkinan kandungan Anda bermasalah.

Apa Penyebab Flek Saat Hamil Muda?

Sebelum membahas penyebab flek itu sendiri, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Pertama, flek ini umumnya terjadi pada 20% ibu hamil dengan usia kendungan yang masih muda. Yang kedua, flek sendiri adalah satu dari beberapa penyebab keguguran. Tapi dengan catatan, flek yang menyebabkan keguguran adalah flek dengan intensitas yang berlebihan. Terlepas dari hal tersebut, tahukah Anda apa penyebab dari flek tersebut?

Nah, berikut adalah beberapa penyebab pendarahan atau flek yang sering ditemui:

  • Efek dari proses implantasi

Proses implantasi adalah proses dimana embri tertanam ke dalam dinding rahim. Pada proses ini ada kecenderungan timbulnya, walaupun kemungkinan terjadinya flek saat hamil muda ini  sangatlah kecil dan jarang.

  • Timbulnya efeksi di mulut rahim

Penyebab flek yang satu ini sebenarnya tidak terlalu membahayakan. Pasalnya, darah yang keluar hanyalah darah dari luka infeksi mulut rahim saja. Sedangkan penyebab dari infeksi sendiri adalah karena aktivitas hubungan suami istri saat hamil. Dimana saat hamil keadaan mulut rahim akan jauh lebih lunak dan mudah terluka.

  • Efek dari fertilasi

Flek juga bisa terjadi pada ibu hamil yang mengalami fertilasi yang tidak sempurna. Sedangkan untuk penyebabnya sendiri masih belum diketahui. Tapi yang yang jelas, untuk menghindari hal yang lebih serius yang ditimbulkan dari flek saat hamil muda, ada baiknya untuk selalu mengontrol kehamilan secara rutin dan berkala.

  • Perubahan hormon

Flek yang keluar karena perubahan hormon adalah flek yang umumnya terjadi. Dimana saat minggu-minggu pertama, ibu hamil akan mengalami perubahan hormon. Adapun flek yang keluar sendiri biasanya berbentuk bercak darah yang berwarna coklat.

Bahaya Flek Saat Hamil Muda

Jika tidak katakan bahaya atau tidak, ada baiknya Anda bedakan dulu antara flek dan pendarahan itu sendiri. Ya, flek dengan pendarahan pada dasarnya sama, yaitu keluarnya darah dari organ vital saat kondisi hamil. Akan tetapi, intensitas dan volume darah yang keluar sangatlah membedakan keduannya.

Dimana flek adalah keluarnya darah karena aktivitas kehamilan, seperti efek dari implantasi, perubahan hormon atau pun beberapa penyebab lainnya. Dan flek ini tidak berbahaya, asalkan dalam taraf wajar, tidak terlalu sering, dan juga tidak mengganggu proses kehamilan dan kesehatan janin itu sendiri.

Sedangkan untuk pendarahan sendiri adalah keluarnya darah dalam volume dan intensitas yang sering, jadi sangat berbeda dengan flek saat hamil muda. Pasalnya, pendarahan sendiri umumnya disebabkan karena beberapa hal, seperti karena kelahiran prematur, hamil anggur, pemisahan plasenta, dan masih banyak lagi.

Jadi, jika Anda bertanya bahayakah flek saat hamil muda? Jawabannya kembali pada timbulnya flek itu sendiri. Apabila flek tersebut cuma terjadi pada satu hari dan dalam volume yang kecil, bisa dikatakan flek tersebut tidaklah berbahaya. Akan tetapi, jika flek tersebut terjadi dengan intensitas dan volume yang tinggi, maka lakukanlah pemeriksakan pada dokter kandungan untuk dilakukan tindakan lebih lanjut.


ladyfem

Baca Juga :

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 4 Penyebab Keluar Flek Saat Hamil Muda