10 Penyebab Gagal Ginjal Akut dan Kronik Yang Perlu Diketahui

loading...

Penyebab gagal ginjal ini sangat banyak yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Hal itu dikarenakan gagal ginjal ini barulah akan diketahui gejalanya disaat kondisinya sudah kronis.

Gagal ginjal ini tidak boleh disepelekan lho, karena angka kematian akibat dari penyakit ini cenderung cukup tinggi. Pola hidup dan pola makan yang sangat salah bisa mempercepat resiko terkena penyakit seperti ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini, ginjal adalah bagian vital bagi tubuh manusia. Ginjal ini merupakan salah satu organ yang telah digunakan dalam sekresi manusia.

Sistem urin ini akan melibatkan ginjal, dimana ginjalnya berfungsi sebagai penyaringan kotoran yang berasal dari darah dan juga ginjal akan membuangnya secara bersamaan dengan air yang disebut dengan urin tadi. Orang yang telah menderita gagal ginjal akan mengalami beberapa masalah dengan sistem urinnya.

inilah penyebab gagal ginjal

Penyebab Gagal Ginjal Akut dan Kronik

Berikut ini adalah yang bisa menyebabkan sakit gagal ginjal :

  1. Alkohol

alkohol

Salah satu hal yang sangat bisa menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal adalah minuman keras beralkohol. Orang yang terlalu sering dan sudah terlalu banyak menenggak minuman alkohol bisa memberatkan sistem kerja ginjalnya.

Kandungan yang ada di dalam alkohol ini tidak bisa dicerna ginjal sehingga ginjalnya akan bekerja sangat keras untuk mencerna kandungan yang ada di dalam alkohol. Jika ginjal bekerja keras disetiap harinya, maka fungsi ginjal pun akan mudah rusak dan mudah terganggu.

  1. Dehidrasi

mengobati gagal ginjal dengan air putih

Tubuh yang kekurangan cairan ini akan menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal. Hal itu sudah dikarenakan cairan sangat bermanfaat di dalam proses sekresi ginjal.

Cairan yang bermanfaat untuk bisa mengatasi dehidrasi adalah air putih murni yang telah dimasak matang. Sehingga orang yang kurang meminum air putih pun bisa memberatkan kinerja ginjalnya saat melakukan sekresi. Jangan sampai mengatasi dehidrasi dengan minuman selain air putih ya.

  1. Hipovolemia

Hipovelemia merupakan suatu jumlah darah di dalam tubuh yang kurang. Dan penyebabnya adalah pendarahan yang cukup hebat, pendarahan itu misalnya seperti diakibatkan oleh menstruasi yang hebat, kecelakan, dan operasi atau tindakan bedah. Oleh sebab itu orang-orang yang mengalami hipovelemia ini harus mendapatkan penanganan medis yang lebih lanjut.

  1. Keracunan

gejala keracunan dalam tubuh manusia

Keracunan obat atau jamu ini menjadi salah satu penyebab dari gagal ginjal akut. Kandungan dalam obat itu maupun jamu tersebut bisa menyebabkan seseorang akan terkena gagal ginjal.

Banyak kandungan di dalam obat kimia yang tidak bisa diterima oleh ginjal karena memberatkan kerja ginjalnya. Seperti efek samping espirin, ibuprofen dan juga asetaminofen adalah obat yang paling berbahaya bagi ginjal manusia.

  1. Pukulan

Pukulan atau benturan yang cukup keras pada organ ginjal juga bisa menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal. Hal itu pun dikarenakan saat terkena pukulan, ginjal kita akan luka atau cidera. Luka dan cidera tersebut akan mudah mengganggu kinerja ginjal. Jika sudah begitu maka resiko gagal ginjal pun bisa saja terjadi.

  1. Minuman Energi

Terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang berenergi pun bisa menjadi penyebab gagal ginjal, dikarenakan kandungan karbonat dan berbagai bahan dari kimia di dalamnya bisa memberatkan kinerja si ginjal.

Dalam tahapan ringan, orang yang sering mengkonsumsi minuman tersebut ini akan terkena infeksi atau radang ginjal. Namun di dalam tahap yang cukup serius infeksi itu bisa berubah menjadi penyakit gagal ginjal.

  1. Darah Tinggi

    inilah penyebab darah tinggi

Orang yang terkena darah tinggi pun bisa menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal, hal itu juga dikarenakan orang yang memiliki darah tinggi dengan tekanan darahnya tidak normal sehingga bisa mengganggu fungsi ginjal. Darah sangat berperan penting di dalam menghasilkan fitrat glorumelar.

  1. Diabetes

Orang yang sedang menderita dieabetes mellitus juga akan rentan untuk terkena penyakit gagal ginjal. Hal itu juga dikarenakan insulin yang tidak berkualitas bisa memberatkan kinerja si ginjal.

  1. Saluran Kemih Tersumbat

Salah satu hal yang menyebabkan seseorang bisa terkena gagal ginjal adalah terhambatnya saluran kemih. Alasannya adalah dari aliran urin akan berbalik ke ginjal pada seseorang yang saluran kemihnya sudah tersumbat.

Jika tekanannya akan semakin tinggi maka bisa menjadi penyebab dari kerusakan ginjal dan fungsi ginjalnya menjadi tidak berfungsi lagi.

  1. Batu Ginjal

Salah satu hal yang bisa menyebabkan gagal ginjal ini adalah adanya batu ginjal. Batu di dalam ginjal ini akan menghalangi fungsi dan kinerja ginjal. Akibatnya jika hal itu sudah terjadi terus – menerus bisa menyebabkan seseorang akan terkena gagal ginjal.

Baca Juga :
– Obat Batuk Kering
– 
Resep Obat Alami Penurun Panas Atau Demam
– 
Obat Bibir Pecah-Pecah
– Obat Alami Pilek Atau Influenza (Flu)

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 10 Penyebab Gagal Ginjal Akut dan Kronik Yang Perlu Diketahui