Penyebab Gejala Penyakit Bronkitis dan Cara Menyembuhkanya

loading...

A. Pengertian Penyakit Bronkitis

Bronkitis adalah suatu penyakit akibat kondisi peradangan bronkus. Bronkitis sebagai suatu gangguan respiratorik dengan batuk merupakan gejalanya yang utama. Jika telah menjadi kronis maka akan menyebabkan gangguan pernapasan kronis pula. Penyakit ini termasuk salah satu penyebab kematian utama di dunia.

Sebagai penyakit, bronkitis merupakan topik yaag masih diliputi kontroversi karena keberadaannya bersamaan dengan pe¬nyakit lain khususnya bersama ISPA. Bronkitis sering dijumpai pada anak di seluruh belahan dunia, walaupun dengan patokan yang tidak selalu sama. Pada orang dewasa, penyakit ini sering dikaitkan dengan kebiasaan merokok walaupun rnasih banyak penyebab-penyebab lain.

Selain itu, pencemaran udara terus-menerus dan seringnya asap rokok, pencemaran akan menghasilkan mukus berlebihan dan menyebabkan penyempitan saluran udara pada pernapasan manusia. Untuk awal penyakit ini akan menyebabkan penderita mudah ietih dan sesak napas apalagi bila dalam posisi kelelahan. Nah, berikut adalah macam-macam tingkatan penyakit bronkitis yang sering dijumpai pada setiap pasien penderita penyakit ini.

Peyebab Gejala Penyakit Bronkitis Pada Seorang :

  • Merasa lemas pada tubuh
  • Sering Batuk – batuk baik siang maupun malam
  • Terganggunya Kemampuan aktivitas fisik
  • Napas berat da nada suara cukup keras

Faktor –Faktor Penyebab Penyakit Bronkitis :

Penyebab penyakit bronchitis pada seseorang banyak macamnya, biasanya seorang dokter dapat menyimpulkan penyebab penyakit seorang pasien bronchitis berdasarkan pemeriksaan medis ataupun melalui penulusaran riwayat sang pasien itu sendiri. Adapun factor-faktor penyebab bronchitis diantaranya adalah:

  • Virus
  • Polusi udara
  • Paparan Asap rokok (Perokok aktif dan pasif)
  • Patofisioligi
  • Kelainan jantung bawaan
  • Infeksi kronis saluran napas bagian atas (misalnya sinobronkitis)
  • Infeksi, misalnya bertarnbahnya kontak dengan virus dan jamur.
  • Fenyakit paru yang telah ada, misalnya bronkietaksis
  • Penekanan pada saluran napas
  • Benda asing

Secara umumnya, bronkitis kronis pada orang dewasa akibat merokok. Semakin lama seseorang terbiasa merokok, semakin besar juga risiko mengalami bronkitis. Semakin lama merokok, jika terkena bronkitis, semakin memerlukan waktu yang panjang untuk pengobatannya. Sering dijumpai penderita bronkitis kronis mengalami ma¬salah kesehatan lain, seperti selesma dan diserang virus influenza karena asap rokok dapat melemahkan daya tahan tubuh.

B. Macam-Macam dan Tingkatan Penyakit Bronkitis

1. Bronkitis Kronis

Bronkitis kronis dan atau berulang adalah keadaan klinis yang disebabkan oleh berbagai sebab dengan gejala batuk yang berlangsung sekurang-kurangnya 2 minggu berturut-¬turut dan atau berulang paling sedikit 3 kali dalam 3 bulan dengan atau tanpa diser-ai gejala respiratorik dan non¬respiratorik lainnya.

Penyakit Bronkitis Kronis

2. Bronkitis Akut

Bronkitis akut yang menyerang anak-anak biasanya juga bersama dengan trakeitis, merupakan penyakit saluran napas akut yang sering dijumpai. Penyebab utama penyakit bronkitis akut adalah Arus. Bronkitis akut selalu terjadi pada anak yang menderita marbilli, pertusis, dan infeksi mycoplasma Pneumonia. Pada lingkungan sosio-ekonomi yang baik, jarang terdapat infeksi sekunder oleh bakteri. Perubahan cuaca, polusi udara partikel maupun gas, merupakan penyebab terjadinya bronkitis akut.

Bronkitis Akut

C. Cara Pencegahan Penyakit Bronkitis

  • Menghindari Makanan yang mengandung banyak minyak
  • Menghindari diri dari berada pada ruang AC terlalu lama
  • Menghindari seringnya terkena angina dan kelembaban pada malam hari.
  • Selalu menjaga diri dari tempat yang berpotensi terjadi populasi udara.

Hasil penelitian para ahli menyatakan bahwa pengobatan yang tepat dapat menggunakan antibiotik Penggunaan antibiotik Moxifloxacin ini ternyata efektif hanya satu persen efek samping yang ditimbulkan yaitu kemungkinan timbul sedikit gangguan kulit. Jangan beri obat antihistamin berlebih. Beri antibiotik bila ada kecurigaan infeksi bakterial dengan efedrin 0,5 mg/tiga kali sehari. Sekian info berkaitan dengan penyakit bronkitis, semoga dapat berguna bagi kita semua apalagi ketika menghadapi salah satu keluarga kita yang menderita penyakit ini. Demikianlah artikel kesehatan dari caramedis.com semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :

loading...

You Might Also Like

Most popular articles related to Penyebab Gejala Penyakit Bronkitis dan Cara Menyembuhkanya