Berikut ini Beberapa Penyebab Kanker Serviks dan Gejalanya

loading...

Penyakit kanker serviks atau biasa disebut juga penyakit kanker rahim merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh kaum wanita. Penyebab kanker serviks bisa berasal dari eksternal dan internal tubuh kita, kebiasaan, pola hidup, sampai-sampai faktor pernikahan juga dapat menjadi faktor yang memainkan peranan cukup penting terhadap penyakit kanker serviks.

Penyebab Kanker Serviks

1. Human Papillomavirus (HPV)

penyebab kanker serviks

Penyebab kanker serviks yang paling utama adalah infeksi dari virus HPV. HPV adalah virus yang sudah menjadi penyebab utama dari terjadinya kanker serviks yang mematikan di dunia ini, telah tercatat lebih dari 99 % kasus kanker serviks yang terjadi setelah terinfeksi dari virus HPV / Human Papillomavirus

HPV sebenarnya merupakan suatu kumpulan dari berbagai virus, bukan virus berjenis tunggal setidaknya jenisnya terdiri lebih dari 100 jenis virus yang ada.

Hanya ada beberapa saja yang dapat menyebabkan kanker serviks. berikut beberapa yang menyebabkan kanker serviks :

  • HPV 16
  • HPV 18
  • HPV 31
  • HPV 33
  • HPV 45

Jika di tarik lagi, maka penyebab kanker serviks yang paling umum terjadi ialah dari virus HPV 16 dan virus HPV 18, setidaknya sudah ditemukan di 2/3 kasus kanker serviks di dunia. Virus HPV tipe lainnya mungkin bisa menyebabkan infeksi saja pada kulit kelamin penderitanya seperti tumbuhnya kutil, namun hal ini tidak lah berbahaya bagi manusia.

2. Banyaknya Pasangan Seks

Penyebab kanker serviks kedua yaitu banyaknya pasangan yang memungkinkan kamu terinfeksi risiko yang tertular HPV. Punya banyak pasangan seks ini akan menjadi salah satu penyebab paling utama terkena penyakit kanker serviks. Infeksi dari virus HPV akan semakin tinggi menyasar ke diri kamu.

3. Kebiasaan Merokok

Wanita yang merokok, 2x lipat lebih rentan akan terkena kanker serviks dibandingkan dengan wanita non perokok. zat yang terdapat pada rokok bisa memicu utama kanker, terutama kanker paru – paru.

Apa kaitannya merokok dengan kanker serviks? riset telah menyimpulkan bahwa zat tembakau terdapat pada lendir-lendir leher rahim wanita perokok.

Periset juga sangat percaya bahwa zat ini bisa membantu meningkatkan kerusakan sel DNA yang terdapat di dalam leher rahim wanita sehingga hal ini dapat menyebabkan faktor cukup tinggi terkena kanker serviks.

4. Sistem Imun Atau Kekebalan Tubuh Yang Rendah

Ketika seorang wanita yang terkena infeksi virus HPV, maka ia juga tidak akan secara otomatis terkena kanker serviks jika ia memiliki sistem imun yang sangat kuat. Namun sebaliknya, sistem imun yang sangat lemah akan memudahkan wanita itu terkena virus HPV.

5. Hubungan Seksual Usia Dini

Ada juga yang bilang bahwa penyebab dari penyakit kanker serviks adalah menikah diusia dini, nah pemahaman tersebut mungkin kita harus lebih dispesifikasikan menjadi hubungan seksual diusia dini. Jika kamu sudah pernah melakukan hubungan seksual diusia yang sangat muda (di bawah 17 tahun) dimana sel kamu belum bertumbuh dengan sempurna, maka kamu memiliki resiko 2x lebih besar terserang penyakit kanker serviks.

6. Penggunaan Pil KB

Dari penggunaan jangka panjang pil KB akan berdampak pada kesehatan kamu, dari berbagai riset telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi pil KB lebih dari 5 tahun lamanya dapat menyebabkan resiko tinggi terkena penyakit kanker serviks. Dari riset yang sudah dilakukan, risiko akan turun sendirinya setelah mengkonsumsi pil KB dihentikan.

Untuk menekan risiko ini, pastikan bahwa kamu berkonsultasi dengan dokter kandungan agar bisa menjelaskan pil yang tidak berbahaya bagi rahim kamu.

Baca Juga :
Cara Mencegah Kanker Cukup Dengan Minum Ini
4 Gejala Kanker Rahim Yang Umum Terjadi
3 Jenis Kanker Ganas Yang Dapat Di Cegah Dengan Kembang Kol
Cara Cepat Hamil

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Berikut ini Beberapa Penyebab Kanker Serviks dan Gejalanya