loading...

Penyebab Keputihan Saat Hamil (Bedah Mitos Dan Faktanya)

loading...

Keputihaan hampir pernah dirasakan oleh semua wanita, namun akan sangat banyak dirasakan oleh wanita yang sedang hamil. Karena di saat hamil keadaan vagina akan memproduksi cairan yang berfungsi sebagai sistem perlindungan yang alami. Namun jika anda mengalami keputihan dalam jumlah banyak itu adalah kondisi yang tidak normal. Berikut ini penjelasan lengkapnya tentang keputihaan normal dan tidak normal

Keputihaan Saat Hamil (Normal)

Pada saat seseorang wanita hamil maka biasanya mengeluarkan keputihan di saat hamilnya di dalam dunia medis ini adalah sebuah keadaan yang normal. Jika vagina memproduksi cairan yang berwarna bening, tidak berbau, tidak berwarna, dan jumlahnya tak berlebihan ini adalah keputihan yang normal dan tidak usah cemas untuk kaum wanita. Cairan itu berfungsi sebagai sistem perlindungan yang alami, mengurangi gesekan antara dinding vagina saat berjalan dan saat anda melakukan hubungan seksual.

Penyebab Keputihan Normal :

  • Disebabkan karena stress dan banyak pikiran
  • Terjadi saat wanita telah selesai menstruasi yang berhubungan dengan kondisi pada sistem reproduksi
  • Kurangnya konsumsi makanan dan minuman yang ber-gizi
  • Terjadi jika wanita di saat hamil namun pada jumlah yang normal
  • Terjadi saat wanita terkena rangsangan seksual
  • Karena pemakaian jenis obat-obatan seperti pil kb

Keputihaan Saat Hamil (Tidak Normal)

Disebut keputihan patologis/tidak normal  jika cairan yang keluar telah berubah warna, bertambah banyak, terasa gatal atau nyeri, atau tercium bau amis hingga busuk, umumnya hal itu terjadi akibat radang/infeksi. Jika timbul ciri – ciri atau tanda – tanda seperti yang dijelaskan maka segeralah anda menghubungi tim medis (ahli kesehatan) terdekat untuk segera konsultasikan keluhan anda.

Penyebab Keputihaan Tidak Normal :

  • Infeksi Jamur : Gejalanya Vagina memerah dan bengkak, gatal dan nyeri disekitar vagina, dan keluarnya cairan berwarna putih kekuningan
  • Bakteri pada Vagina : Gejalanya Keluarnya cairan berwarna abu-abu, Gatal di sekitar vagina serta nyeri pada saat buang air kecil
  • Bakteri GBS (Group B Strep) : Gejalannya jika saluran kencing seperti urine berwarna keruh
  • Penyakit Trikomoniasis : gejalanya jika muncul cairan yang bau busuk dengan berwarna kuning kehijauan

Tentang Mitos dan Fakta Keputihan

Banyak informasi yang beredar di masyarakat berhubungan dengan gejala keputihan saat hamil, di antara informasi tersebut ada yang hanya berupa mitos artinya hanya sekedar informasi yang belum tentu kebenarannya dan ada juga yang berupa fakta, oleh karena itu disini CaraMedis.com akan mencoba membedah apa saja mitos dan fakta sesungguhnya tentang keputihaan, simak di bawah ini!

Mitos : Mengkonsumsi makanan tertentu dapat menyebabkan keputihan misalnya mentimun dan nanas.

Fakta : Hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat membuktikan hal itu, mentimun dan nanas tidak menyebabkan bertambahnya hormon di dalam tubuh sehingga tidak akan membuat cairan lubrikasi vagina tambah banyak.


Mitos : Pemakaian obat antiseptik bisa mencegah keputihan.

Fakta :  Pemakaian obat/sabun antiseptik yang berlebihan/terlalu sering justru akan menyebabkan flora normal/bakteri “baik”  yang terdapat pada vagina akan mati dan pH vagina menjadi basa, sehingga jamur dan bakteri “jahat” atau abnormal dapat tumbuh yang menyebabkan timbulnya keputihan patologis (tidak normal).


Mitos :  Memakai pantyliner bisa menyebabkan keputihan.

Fakta :  Memakai pantyliner dan sering menggantinya justru bisa menjaga kesegaran organ kewanitaan.  Pada wanita yang  mengalami keputihan, pantyliner berfungsi menyerap cairannya.


Mitos :  Masalah keputihan hanya menyangkut masalah pada wanita saja.

Fakta :  Pada keadaan-keadaan tertentu perlu juga memeriksa pasangannya/suaminya, dokter akan mengadakan cek silang, siapa tahu kuman keputihan berasal dari pasangan/suami.


Mitos :  Wanita dengan keputihan akan susah mempunyai anak.

Fakta :  Tidak sepenuhnya benar, tergantung apa penyebab keputihannya. Pada keputihan yang normal atau keputihan abnormal yang ringan tentu saja tidak akan mempengaruhi masalah kesuburan, akan tetapi pada keputihan yang disebabkan penyakit tertentu misalnya Gonore bisa menyebabkan kemandulan.


Mitos :  Keputihan hanya diderita oleh wanita dewasa.

Fakta :  Keputihan juga bisa terjadi pada anak perempuan, ini biasanya berkaitan dengan kurangnya menjaga kebersihan, misalnya sering menggaruk daerah vagina dengan tangan yang kotor sehabis bermain. Salah satu penyebab keputihan yang sering terjadi pada anak perempuan adalah infeksi cacing kremi.


Itulah beberapa penjelasan tentang penyebab keputihaan pada wanita beserta bedah tuntas tentang mitos dan fakta saat keputihan, Semoga dapat bermanfaat …


ladyfem

Artikel Terkait :

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Penyebab Keputihan Saat Hamil (Bedah Mitos Dan Faktanya)