Ketahuilah, Ini Dia Penyebab Mual Saat Awal Kehamilan

loading...

Mual saat awal kehamilan adalah sebuah fenomena yang wajar terjadi. Namun pada kenyataanya, tidak semua ibu hamil merasakan hal ini. Pasalnya, ada beberapa ibu hamil yang memang tidak merasakan hal ini sama sekali. Oya, jika dalam istilah medis, fenomena mual dan muntah ini bisa disebuat morning sickness.

Umumnya, ibu hamil yang mengalami fenomena ini adalah mereka yang sedang menjalani masa kehamilan pada trimester pertama, atau pada usia kehamilan 10 sampai 12 minggu. Bahkan ada beberapa kasus yang menyebutkan bahwa fenomena ini juga bisa terjadi pada pada trimester kedua, bahkan ada juga yang sampai ketiga.

mual saat hamil

Apa Penyebab Mual Saat Awal Kehamilan ?

Banyak hal yang menyebabkan ibu hamil mual dan muntah. Namun, dari semua penyebab yang ada, hanya ada beberapa yang dominan dan paling sering Kita temui. Nah, adapun penyebab yang dimaksud antara lain:

  • Penyakit maag atau lambung

Ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit maag dan lambung akan memiliki kecenderungan mengalami muntah dan mual yang lebih tinggi. Hal ini umumnya terjadi karena efek dari penyakit maag itu sendiri.

  • Adanya peningkatan hormon Estrogen

Umumnya peningkatan ini terjadi pada pagi hari, tepatnya saat keadaan lambung masih kosong. Dimana saat lambung sedang kosong, hormon Estrogen akan meningkat dan membuat produksi asam lambung juga meningkat dan menyebabkan mual saat awal kehamilan.

  • Kondisi psikologi saat hamil

Umumnya, kondisi psikologi yang buruk, khususnya yang tidak siap hamil, akan memiliki kecenderungan mual dan muntah lebih besar. Hal ini terjadi karena ibu hamil tersebut mengalamo tekanan, dan berimbas pada kondisi tubuh yang menurun dan pada akhirnya akan mengalami mual dan muntah.

  • Efek HCG

HCG atau Human Chorionic Gonodotrophin adalah hormon bersumber dari plasenta saat awal kehamilan. Diduga hormon ini adalah satu dari beberapa penyebab fenoma mual dan muntah itu sendiri. Akan tetapi, fenoma ini akan hilang dengan sendiri saat usia kehamilan bertambah.

  • Kondisi lingkungan yang buruk

Kondisi lingkungan kotor dan jorok juga bisa dibilang penyebab mual saat awal kehamilan. Dimana saat awal kehamilan ibu hamil akan lebih sensitif, jadi sangat mungkin muntah dan mual saat lingkungan yang Ia tinggali kotor dan tidak bersih.

Itulah 5 hal yang menyebabkan mual dan muntah pada ibu hamil, terutama pada ibu hamil ditrimester pertama. 5 hal diatas adalah penyebab yang umumnya Kita jumpai. Jadi, jika Anda ingin terbebas dari mual dan muntah, ada baiknya Anda hindari 5 penyebab mual saat awal kehamilan diatas.

Baca Juga :

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Ketahuilah, Ini Dia Penyebab Mual Saat Awal Kehamilan