Penyebab Penyakit Sembelit (Konstipasi) Pada Bayi dan Anak Serta Cara Efektif Mengatasinya

loading...

Mengenal Penyakit Sembelit (konstipasi) Pada Bayi dan Anak

Penyebab Penyakit Sembelit (Konstipasi) Pada Bayi dan Anak Serta Cara Efektif Mengatasinya – Penyakit sembelit atau konstipasi adalah suatu kondisi dimana frekuensi Buang Air Besar (BAB) kurang dari 3 kali dalam 1 minggu dengan tinja yang keras, besar, dan kering. Kondisi BAB normal pada bayi atau anak bergantung pada umur dan apa yang dimakan olehnya. Pada anak, kebiasaan BAB juga berbeda-beda, bahkan pada bayi yang diberi ASI eksklusif kebiasaan BAB juga dapat berbeda. Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap frekuensi BAB dan konsistensi tinja, antara lain: pemberian ASI, jenis MP-ASI (misal: kadar serat), jenis dudu PASI, dan tiolet training. Frekuensi BAB biasanya akan berkurang seiring dengan pertambahan umur anak dan kematangan saluran pencernaannya. Pada bayi yang berusia 6 bulan, pola BAB mirip dengan anak yang lebih besar dan konsistensinya biasanya lembek. Anak penderita sembelit mengalami BAB yang tidak seperti biasanya, bahkan dapat menimbulkan keluhan nyeri perut akibat perut terasa penuh dan BAB berdarah. Pada bayi, terkadang wajahnya sampai memerah saat berusaha BAB.

Makanan Pendamping ASI (MP-ASI)

Makanan Pendamping ASI (MP-ASI)

Bayi yang memperoleh ASI eksklusif memiliki 2 pola BAB yang sangat berbeda. Pada satu sisi bayi tersebut dapat BAB berkali-kali per hari, namun di sisi lain dapat juga sekali dalam seminggu. Jika bayi BAB 3 kali sehari, kemudian berubah menjadi 3 hari sekali, kejadian ini bukan merupakan sembelit bila tidak disertai gangguan pengeluaran tinja. Akan tetapi, bila si bayi atau anak harus mengedan ketika BAB diakibatkan tinja yang keras sehingga sulit dikeluarkan, barulah ini disebut sembelit.

Baca Juga :

Artikel Kesehatan Anak: Seputar ASI dan Proses Ibu Menyusui Bayi

Peyebab Gejala Penyakit Bronkitis Pada Anak

Penyebab Penyakit Sembelit (Konstipasi) Pada Bayi dan Anak

Sembelit pada bayi dan anak disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut :

1. Konsumsi makanan tertentu yang berlebihan.

Sembelit dapat disebabkan karena konsumsi susu yang terlalu banyak atau konsumsi makanan cepat saji yang rendah serat. Sebagai gantinya berikan makanan berserat, jus buah, dan memperbanyak minum air putih.

2. Gangguan Psikologis .

Sembelit Pada Anak

Sembelit Pada Anak

  • Anak yang mengalami sembelit biasanya memiliki rasa percaya diri yang kurang dan lebih mudah cemas jika melakukan toilet.
  • Anak malas ke kamar mandi misalnya dikarenakan takut, malas keluar rumah, dan lain-lain.

3. Perubahan pola makanan pada bayi dan anak.

Bayi yang awalnya mengkonsumsi ASI kemudian makan-makanan yang lebih padat dapat menimbulkan sembelit, demikian pula halnya bayi yang diberi ASI eksklusif lalu berganti dengan susu formula. Anak yang mengkonsumsi susu sapi atau susu kedelai lebih berisiko memiliki tinja yang keras.

 Cara mengatasi Penyakit Sembelit (Konstipasi) Pada Bayi dan Anak

  1. Untuk mencegah sembelit, biasakan anak untuk ke kamar mandi setiap pagi setelah sarapan.
  2. Biasakan anak duduk di toilet selama 10 menit setiap pagi, di rumah ataupun saat di luar rumah. Tujuannya agar anak terbiasa untuk buang air besar setiap hari dengan sendirinya.
  3. Mengatur i jam makan yang tetap dan teratur, agar memiliki kebiasaan BAB yang tetap juga.
  4. Kurangnya aktivitas fisik, badan yang rutin bergerak akan membantu gerakan peristaltik usus.
  1. Konsumsi obat-obatan tertentu, spereti obat depresi, antasida dan lain-lain.
  1. Kondisi medis lainnya pada bayi dan anak,  yaitu adanya kelainan atau penyakit di saluran pencernaan seperti penyakit Hirchsprung.

 Karena kondisi anak rentan terhadap terkena penyakit sembelit (konstipasi), maka peran orang tua terutama ibu sangat penting. Khususnya dalam memberi makan pada bayi dan anak, baik itu berupa ASI Eksklusif atau Makanan Pendamping ASI (MP-ASI)  bagi bayi atau makanan utama pada seorang anak perlu di jaga dan di atur sebaik-baiknya sedini mungkin oleh orang tua khususnya psara kaum ibu.

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Penyebab Penyakit Sembelit (Konstipasi) Pada Bayi dan Anak Serta Cara Efektif Mengatasinya