Penyebab Wanita Mengalami Kenaikan Berat Badan Setelah Masa Menstruasi

Nov 28 2016 - 4:52pm
loading...

Untuk beberapa wanita memang terkadang mengalami yang namanya lonjakan berat badan yang cukup drastis ketika sedang masa Premenstrual syndrome (PMS) dan menstruasi. Sebenarnya hal ini tidak perlu kamu khawatirkan, pasalnya karena kenaika berat badan memang sangat berkaitan erat dengan PMS. Selain kenaikan berat badan ada pula beberapa masalah lainnya yang datang ketika menstruaasi diantaranya stres, frustasi,lesu,  perut kembung, kram, cemas dan juga sakit punggung.

Banyak orang yang merasa masih penasaran apa sih sebenarnya penyebab berat badan dapat naik cukup  drastis ketika PMS? Pada umumnya berat badan seseorang dapat naik 1-3 kg ketika mengalami siklus datang bulan tersebut.

PMS

PMS

Kebanyakan wanita akan panik ketika mengalami kenaikan berat badan ini terutama untuk mereka yang memang sedang menjalani program diet. Untuk mengetahui lebih jelasnya berikut ini ada 3 penyebab utama berat badan mudah naik  ketika masa PMS.

Baca : Tips Diet Sehat Alami dan Cepat

Untuk penyebab pertama adalah turunnya level magnesium dalam tubuh. hal ini tepat sebelum masa menstruasi tingkat magnesium dalam tubuh akan dapat menurun secara drastis. Hal ini tentunya akan dapat menyebabkan tingkat kadar insulin dalam tubuh menjadi lebih rendah, dengan kata lain hal ini akan membuat tubuh menginginkan asupan glukosa dalam tubuh.

Nah pada saat kondisi seperti ini akan dapat membuat tubuh kamu ingin makan berbagai macam makanan manis – manis ketika PMS. Padahal kita semua tahu bahwa makanan manis ini merupakan salah satu makanan penyebab terjadinya kenaikan berat badan sebelum maupun ketika haid.

Baca : Cara Menurunkan Berat Badan dengan Diet Sehat

Untuk  penyebab selanjutnya adalah karena retensi air. Kondisi seperti ini juga dikenal sebagai edema. Edema ini akan dapat mempengaruhi tubuh karena fluktuasi hormonal yang parah ketika masa PMS.

Hal seperti inilah yang akan dapat membuat perut menjadi terasa kembung ketika sedang haid. Hal ini juga dapat menyebabkan hormon progesteron dalam tubuh menjadi turun secara mendadak dan secara tiba – tiba.

Pada saat menjelang menstruasi, kebanyakan wanita memang akan memiliki nafsu makan yang meningkat sangat drastis. Dan selama periode menstruasi  ini,  juga terdapat lonjakan dalam tingkat metabolisme dan hal inilah yang dapat menyebabkan konsumsi makanan meningkat secara signifikan.

Hal ini membuat otak merespon kondisi seperti ini sebagai kekurangan glukosa yang menjadi penyebab wanita akan memiliki kecenderungan ingin makan makanan yang berlebih selama masa PMS dan menstruasi.

Baca : Makanan Sehat untuk Diet yang Lezat dan Bergizi

loading...

Nah itulah beberapa hal – hal yang menjadi penyebab mengapa berat badan dapat melonjak secara drastis ketika sedang menstruasi. Cara untuk dapat menyiasati nafsu makan yang meningkat adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran pada saat sedang PMS dan menstruasi. Selain itu jangan lupa juga untuk lebih meningkatkan mengkonsumsi air putih selama menstruasi. Semoga bermanfaat…

Baca Juga