loading...

Proses Penyeduhan Teh Hijau Yang Salah Bisa Fatal Akibatnya

loading...

Minum teh merupakan kebiasaan yang dilakukan kebanyakan orang ketika di pagi hari, meminum teh hijau dapat membuat kita merasa tenang dan nyaman, apalagi bagi yang mengalami masuk angin, meminum teh hijau dapat mengeluarkan gas yang berlebih di dalam tubuhnya dan mencegah kanker.

Tetapi ada kebiasaan orang Indonesia yang menyeduh teh yang kurang baik bahkan bisa berakibat fatal, biasanya orang indonesia menyeduh teh dengan cara menyeduhnya dengan air yang mendidih dan didiamkan terlalu lama, bahkan ada juga yang membiarkan teh hijau didalam teko seharian hingga airnya habis, cara yang demikian merupakan cara menyeduh teh yang salah, tetapi banyak masyarakat indonesia yang belum mengetahuinya.

Seorang Pakar teh indonesia yang bernama Ratna Somantri mengatakan bahwa menyeduh teh itu yang benar ialah menyeduh dengan air panas yang bersuhu dibawah 100 derajat celcius, dan penyeduhannya pun tidak boleh terlalu lama, rata-rata hanya 2 hingga 3 menit saja, jika daun teh hijau terlalu lama didalam teko yang berisi air, maka itu akan mengeluarkan zat-zat yang kurang baik.

Ketika teh hijau diseduh terlalu lama itu akan membuat kadar kafein semakin tinggi, kafein berguna untuk menstimulasi jantung dan sistem saraf pusat, kandungan kafein di dalam teh hijau dalam jangka pendek akan membuat tekanan darah meningkat, sehingga bagi anda yang memiliki riwayat hipertensi sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsi teh hijau, seduhlah teh hijau selama 3 menit saja, hal ini dapat terjadi jika orang tersebut mengkonsumsi teh secara berlebihan dan orang tersebut sangat sensitif terhadap kafein.

Baca : Meningkatkan Kesuburan Wanita & Pria dengan Teh Hijau

Selain lamanya waktu penyeduhan air yang digunakan ketika menyeduh juga akan berpengaruh terhadap teh hijau, jangan menyeduh teh hijau dengan air yang bersuhu 100 derajat celsius atau mungkin lebih, seduhlah teh hijau dengan suhu sekitar 80 hingga 90 derajat celcius, hal ini bertujuan untuk mendapatkan manfaat aroma, antioksidan dan rasa yang maksimal.

Lantas bagaimana cara menyeduh teh hijau dengan benar ? berikut ini merupakan cara menyeduh teh hijau dengan benar :

  1. Pakailah gelas yang terbuat dari bahan keramik atau tanah liat, hal ini bertujuan untuk mendapatkan dan kenikmatan rasa teh hijau secara maksimal.
  2. Telah yang tadi kami katakan bahwa menyeduh teh hijau sebaiknya menggunakan air dengan suhu air sekitar 80 hingga 90 derajat celcius, lebih baik gunakan air yang sudah direbus dan didiamkan sebentar agar suhu air berkurang.
  3. Seduhlah teh dengan cara di celup, seduhlah teh hijau selama 3 menit, hal ini bertujuan untuk meminimalisir efek pada kertas yang dipakai teh hijau.
  4. Segera minumlah teh hijau tersebut setelah diseduh, hal ini bertujuan untuk mengurangi oksidasi udara dan dapat memaksimalkan kandungan baik dalam teh hijau.

Tetapi jangan mengkonsumsi teh hijau dalam keadaan yang sangat panas, hal ini akan mengakibatkan kanker tenggorokan dan mulut, hal ini terjadi apabila orang tersebut sangat sensitif terhadap air yang bersuhu tinggi, jadi minumlah teh hijau dalam suhu yang ideal.

Baca : Cara Mencegah Kanker Cukup Dengan Minum Ini

Minumlah teh hijau yang sudah diseduh sebelum makan hal ini dapat melumasi usus dan dapat mengurangi penyerapan lemak, konsumsilah teh hiaju dalam takaran yang wajar, jika anda meminum teh hijau secara berlebihan maka anda akan mengalami jantung berdebar, tubuh jadi tidak nyaman, bahkan tubuh anda menjadi panas dingin, minumlah teh hijau satu cangkir sehari, ini merupakan takaran yang wajar untuk mengkonsumsi teh hijau.


ladyfem

Demikianlah ulasan mengenai proses penyeduhan teh hijau yang salah bisa fatal akibatnya yang dapat kami bagikan semoga dapat bermanfaat.

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Proses Penyeduhan Teh Hijau Yang Salah Bisa Fatal Akibatnya