Seputar Gejala dan Pemicu Terjadinya Penyakit Asma

loading...

Seputar Gejala dan Pemicu Terjadinya Penyakit AsmaAsma adalah peradangan kronis yang umum terjadi pada saluran napas yang ditandai dengan gejala yang bervariasi dan berulang, penyumbatan saluran napas yang bersifat spasme bronkus dan reversibe. Asma merupakan jenis penyakit paru-paru yang terjadi akibat radang dan penyempitan saluran pernapasan. Tanda dan gejala orang yang menderita asma dapat diketahui adalah pernapasan yang berbunyi, seolah-olah orang bersiul, ter­utama sekali apabila penderita mengembuskan napasnya.

 

Meski demikian tidak semua penderita asma ditandai dengan nafas yang berbunyi, ada juga yang mengalami batuk, terutama pada waktu malam atau setelah melakukan aktivitas fisik. Terkadang batuk yang dialami lebih dari seminggu. Serangan asma yang dialami, tidak selalu sama bagi setiap orang. Ada yang hanya mengalami sedikit rasa sesak napas, yang lain mungkin mengalami sesak napas yang parah setiap hari.

 

Selain itu, penderita asma akan merasakan sesak napas dan dada terasa berat. Asma terjadi akibat saluran na­pas mengalami penyempitan karena hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu sehingga kemudian menyebabkan peradangan dan penyempitan yang bersifat sementara. Keadaan seperti itu menunjukkan bahwa asma merupakan sejenis penyakit yang tidak menentu dan ini secara tidak langsung menjelaskan  meng­apa penyakit asma itu sendiri sulit dikendalikan.

Penyebab Munculnya Asma Pada Seseorang

Penyebab Munculnya Asma

Penyebab Munculnya Asma

Serangan asma terjadi dikerenakan terdapat perubahan di da­lam saluran pernapasan. Perubahan yang dimaksudkan adalah inflamasi atau bengkak dan selanjutnya mengakibatkan saluran pernapasan menyempit serta peka terha­dap rangsangan dari luar. Pembengkakan dalam saluran pernapasan mudah mengalami iritasi. Selanjutnya lendir yang pekat akan dihasilkan dan menyumbat saluran per­napasan. Penderita asma akan mulai batuk ketika berusaha untuk mengosongkan saluran pernapasan yang tersumbat. Jika inflamasi sering dan terus terjadi, lapisan saluran pernapasan akan menjadi tebal secara pemanen. Oleh karena itu, kondisi ini kemudian dapat mengakibatkan pen­derita lebih sulit ber­napas.

Banyak kalangan kedokteran meng­anggap bahwa bronkokonstriksi adalah gangguan pernapasan akut dan belum merupakan penyakit asma. Tanda dan gejala dari bronkokonstriksi yang diakibatkan oleh pemicu tersebut hanya berlangsung singkat  dan lebih mudah untuk diatasi. Akan tetapi saluran per­napasan akan semakin cepat bereaksi bila sudah terjadi peradangan. Beberapa pemicu terjadinya bronko­konstriksi antara lain :

  1. Polusi udara (asap rokok. Asap kendaraan, partikel debu, dan lain- lain);
  2. Perubahan cuaca dan suhu udara yang ekstrem;
  3. Obat-obatan tertentu;
  4. Infeksi saluran pernapasan;
  5. Aktivitas fisik tertentu yang berlebihan;
  6. Zat –zat pengharum parfum atau bau-bauan yang merangsang;
  7. Gangguan emosional;
  8. Makanan-makanan tertentu, bahan pengawet, penyedap, dan pewarna makanan;

Tanda dan Gejala Penyakit Asma Yang Sering Terjadi

Tanda dan Gejala Penyakit Asma

Tanda dan Gejala Penyakit Asma

Gejala asma yang dapat diidentifikasi secara umum adalah sesak napas, batuk ber­dahak, dan timbulnya bunyi saat menarik napas. Gejala tersebut biasanya timbul pada pagi hari menjelang waktu subuh, hal ini disebabkan karena pengaruh keseimbangan hormon kortisol yang kadarnya rendah ketika pagi hari serta beberapa faktor pemicu lainnya.

Penderita asma akan merasakan  sesak napas karena sewaktu bernapas udara tidak dapat mengalir dengan lancar karena penyimpitan saluran pernapasan, hal ini juga menjadikan timbulnya bunyi pada saat si penderita sedang bernapas. Pada penderita asma, pe­nyempitan saluran pernapasan yang terjadi dapat berupa pengerutan dan tertutupnya saluran disebabkan dahak yang diproduksi secara berlebihan sehingga kemudian penderita juga akan mengalami batuk sebagai bentuk respons un­tuk mengeluarkan dahak itu sendiri.

loading...

You Might Also Like

Most popular articles related to Seputar Gejala dan Pemicu Terjadinya Penyakit Asma