Tips Membuat Rumah Minimalis Agar Tetap Sehat

caramediscom

Hai teman-teman para pecinta rumah minimalis Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips Rumah Sehat minimalis. Apakah kamu pernah tinggal dengan rumah seperti ini kotor tidak sehat dan kumuh? Menjadi sumber penyakit bagi orang yang tinggal di dalamnya. Biasanya rumah yang tidak sehat mencerminkan perilaku dari pemilik rumah dan lingkungan sekitarnya. Tentu sangat tidak nyaman untuk ditinggali bukan? Fakta mengatakan kondisi rumah sehat yang memenuhi syarat sebesar 43,89% kondisi pembuangan limbah yang memenuhi syarat sebesar 63% dan kondisi jamban yang sehat yang memenuhi syarat hanya 47%. Sangat ironis bukan? Di Indonesia pencapaian Rumah Sehat tertinggi terdapat di provinsi Nusa Tenggara Barat dengan persen 98% sedangkan pencapaian Rumah Sehat rendah terdapat di Sulawesi Tenggara dengan nilai 18%. Dari fakta itulah keberadaan rumah sehat di masa mendatang dan modern ini sangat penting untuk mendukung kehidupan yang lebih baik.

Rumah Sehat, Apa yang dimaksud dengan rumah sehat? Rumah sehat adalah Rumah yang memenuhi kriteria minimal memiliki akses air bersih, kondisi rumah yang terawat, akses jamban yang sehat, ventilasi dalam pencahayaan yang yang baik dan lain-lain. 

5 Konsep Rumah Sehat :

  1. Yang pertama yaitu bangunan yang kokoh. Kuat dan kokoh nya sebuah rumah ditentukan oleh pondasi struktur dan bahan bangunan kondisi lahan faktor mahal atau murahnya biaya turut berperan dalam menentukan kualitas rumah selain itu bangunan juga harus tahan terhadap bencana alam seperti gempa bumi Angin Ribut dan banjir.
  1. Konsep yang kedua yaitu Tersedianya air bersih. Tersedianya air bersih sangat vital untuk kehidupan sehari-hari  seperti meminum memasak mencuci dan lain-lain. Indonesia memiliki 71 sambungan air bersih yang hanya mampu melayani 35,5 juta jiwa artinya dari 248 juta penduduk hanya 14,2% yang mendapat air bersih. 
  2. Konsep yang ketiga yaitu kamar mandi sehat. Kamar mandi yang sehat memiliki kriteria :
  • keadaan kamar mandi selalu kering
  • ruangan yang cukup luas
  • sirkulasi udara yang baik 
  • tersedia air bersih dan tisu

Mohon diperhatikan penting untuk selalu membersihkan kamar mandi minimal dua kali seminggu 

  1. Yang keempat yaitu sarana pembuangan limbah. Limbah rumah biasanya berasal dari bekas dan sisa makanan atau bekas rumah tangga lainnya yang berbahaya Bagi manusia sehingga diperlukannya tempat pembuangan limbah yang yang langsung menuju septic tank dan tempat sampah yang memadai dan bersih.
  1. Yang kelima yaitu ventilasi dan pencahayaan alami. Ventilasi udara rumah yang alami adalah hal yang memperhatikan udara masuk dan udara keluar secara seimbang sedangkan pencahayaan alami adalah pencahayaan yang memaksimalkan cahaya dari sinar matahari sehingga menciptakan rumah yang berudara sehat dan mendapatkan cahaya yang alami.

Rumah sehat sehatkan rumahmu untuk masa depan yang cerah Rumah Sehat minimalis

 

 

Most popular articles related to Tips Membuat Rumah Minimalis Agar Tetap Sehat